Sukses

Parenting

Hindari Makanan-makanan Ini Agar Hamil Lebih Aman Yuk!

Saat hamil, penting bagi kita untuk mengonsumsi nutrisi seimbang dan vitamin-vitamin prenatal yang dianjurkan dokter agar janin dalam kandungan kita dapat tumbuh dengan sehat dan lahir dengan selamat. Sedikitnya 300 kalori tambahan Anda butuhkan selama masa kehamilan. Meski membutuhkan banyak tambahan kalori, Anda tidak boleh sembarangan mengonsumsi bahan makanan ya Bunda. Sebab, seperti dilansir dalam lamanĀ justmommies.com, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat hamil, apa saja? Cek yuk...

    Ikan dan Daging Mentah

    Ikan mentah atau daging sapi, kambing, atau ayam yang dimasak setengah matang harus Anda hindari selama hamil sebab makanan-makanan ini memiliki resiko terkontaminasi bakteri, toxoplasma dan salmonella.

    Ikan dengan Merkuri

    Merkuri yang dikonsumsi selama kehamilan telah terbukti erat kaitannya dengan terlambatnya proses tumbuh kembang janin di dalam kandungan serta kerusakan otak janin. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari mengonsumsi ikan dengan kandungan merkuri yang tinggi seperti hiu, king makerel, sworffish dan tilefish.

    Telur Mentah

    Konsumsi telur mentah harus dihindari selama masa kehamilan sebab telur mentah rawan akan paparan kontaminasi salmonella. Mayonaise, Es Krim rumahan, serta Saus Holanda mungkin dibuat dengan menggunakan telur mentah. So, cek ulang sebelum Anda mengonsumsinya.

    Alkohol

    Jika Anda merupakan penikmat wine, sayang sekali Anda harus berhenti mengonsumsinya segera saat Anda mengetahui kehamilan Anda. Sebab, paparan alkohol selama masa prenatal telah terbukti berkaitan erat dengan kelahiran prematur, gangguan mental pada bayi, serta kelahiran bayi berberat badan rendah.

    Kafein

    Konsumsi kafein dalam jumlah sedang tidak lebih dari 200 mg per hari memang diperbolehkan. Tapi, ada baiknya Anda menghindari konsumsi kafein ini selama trisemester pertama kehamilan untuk mengurangi resiko keguguran. Selain itu, pastikan Anda cukup mengonsumsi air mineral, jus buah dan sayur, serta susu sebagai gantinya.

Nah, itulah makanan-makanan yang sebaiknya Anda hindari selama kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat dan membuat kehamilan Anda sehat sampai saatnya melahirkan nanti ya.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading