Sukses

Parenting

Mengasuh Bayi Mulai Usia 0 – 4 Bulan

Menjadi ibu merupakan sebuah anugerah yang indah bagi setiap wanita. Apalagi saat pertama kali melihat buah hati yang baru saja dilahirkan ke dunia, Bunda pasti merasa sangat bahagia. Hal selanjutnya yang Bunda pikirkan adalah bagaimana mengasuh dan mendidik buah hati Anda.

Bagi Bunda yang baru menjadi ibu baru, mengasuh bayi adalah pengalaman baru dan tak jarang membuat Anda merasa bingung. Nah untuk membantu Bunda sekalian, berikut ini adalah tips mengasuh bayi mulai dari usia 0 – 4 bulan yang dilangsir dari situs thebump.com.

0 Bulan: Berayun-ayun
Di usia yang masih sangat dini ini, bayi sangat suka berada di dalam pelukan yang hangat sambil diayun-ayunkan. Anda bisa menggendong si kecil sambil mengayun-ayunkannya atau membuat sebuah ayunan mini untuk si kecil sambil menyanyikan lagu nina bobo saat ia diayun-ayun. Kegiatan yang satu ini bisa meningkatkan kekuatan tulang dan otot bayi, tapi jangan lupa mengayun dengan pelan ya Bun.

1 Bulan: Menggendong Bayi
Bunda, ketahuilah bahwa bayi sangat suka kontak antar kulit yang membuatnya merasa hangat dan nyaman apalagi jika dilakukan dengan orangtuanya. Namun, Bunda tentu tidak ingin seharian bermain di kasur dengan si kecil bukan? Maka dari itu, Bunda bisa menggendong si kecil sambil melakukan berbagai aktivitas lain sehingga bayi Anda pun dapat mengenal dunia di sekitarnya.

2 Bulan: Jalan-jalan
Saat baru lahir penghlihatan bayi masih sangat terbatas dan terus berkembang hingga di usia 2 bulan ini si kecil sudah mulai mengenal dan tertarik berbagai warna yang ada di sekitarnya. Bunda bisa menggambar bentuk-bentuk sederhana di atas kertas sambil menyebut warna apa yang digunakan. Selain itu, Bunda juga bisa mengajak si kecil untuk jalan-jalan dan melihat objek yang menarik.

3 Bulan: Bermain Bola
Bayi membutuhkan ‘tummy time’ untuk menguatkan otot-otot yang ada di perut, leher, dan punggung, tapi kebanyakan bayi tidak suka saat ia tidur menghadap ke bawah. Nah, Bunda bisa mencoba meletakkan si kecil di atas sebuah bola sambil memeganginya dan mengayunkannya ke depan, belakang, kanan, dan kiri. Letakkan mainan di sekitarnya sehingga ia tertarik untuk meraih mainan tersebut.

4 Bulan: Membuat Suara
Memasuki usia 4 bulan si kecil sudah mulai berusaha membuat suara untuk mengatakan sesuatu yang ia inginkan. Bunda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mengenalkan si kecil pada suara atau kata-kata yang hampir mirip dengan yang ia katakan. Seperti misalnya saat si kecil bersuara da-da-da, maka Bunda bisa menjawab dengan “Wah, adek sedang memanggil Bunda ya.”

Oleh : Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading