Sukses

Parenting

Balita Nonton TV, Berikut Ini Panduannya

Dalam sehari, berapa jam balita anda menonton tivi? Pastikan bahwa mereka menonton tivi dalam waktu yang tidak terlalu lama. Anda tahu bahwa program-program tivi bisa menjadi candu yang bisa membuat si kecil ketagihan. Hal ini tidak baik untuk perkembangan fisik anak karena mereka nantinya akan lebih banyak duduk diam dan pasif.

So, agar buah hati ladies tidak terlalu gemar menonton tivi dan mereka tidak tumbuh menjadi anak yang pasif, maka ladies sebagai orangtua wajib mengontrol kegiatan menonton tivi buah hati anda. Seperti dikutip dari situs babycenter.com, dalam sehari, maksimal waktu menonton tivi yang baik untuk balita adalah dua jam saja. Setelah dua jam, matikan tivi.

Penting juga untuk mematikan tivi saat buah hati anda sedang makan. Hal ini berguna agar anak bisa fokus pada hidangan yang ada di depannya.

Selain itu, untuk menghindari anak menonton tivi sepanjang waktu, tempatkan tivi di ruangan yang kurang “nyaman”. Menempatkan tivi di ruang keluarga akan memudahkan akses anak ke tivi saat mereka bermain, makan, atau belajar. So, lebih baik tempatkan tivi di ruangan lain. Ketika anak bermain atau makan, mereka akan keluar dari ruangan tersebut.

Next, ladies harus mengawasi anak dengan benar saat menonton tivi. Mengingat tayangan tivi masa kini terkadang tidak memberikan contoh yang baik, maka ladies harus menyeleksi dengan baik tayangan yang ditonton anak. Pilihlah program-program anak yang mendidik. Setelah program tivi yang anda pilihkan untuk si kecil selesai, segera matikan tivi dan beri isyarat kepada si kecil untuk melakukan aktivitas berikutnya.

Jika ladies ingin agar buah hati anda tidak terlalu maniak dengan menonton tivi, maka anda harus menjadi contoh yang baik bagi buah hati: jangan terlalu sering menonton tivi. Ketika ladies terlihat berkonsentrasi dan menyimak sebuah program tivi dengan antusias, maka buah hati bisa menangkap bahwa tivi adalah sumber entertainment yang menyenangkan.

Hal lain yang juga tidak kalah penting adalah damping buah hati anda ketika menonton tivi. Anda memang telah memilihkan program yang “aman” untuk ditonton anak, namun ladies tidak bisa menjamin 100 persen, kan, kalau program tersebut benar-benar aman. So, damping anak untuk mengarahkan dan memberi penjelasan kepada buah hati.

Oleh : Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading