Sukses

Parenting

Tips Membantu Si Kecil Agar Mudah Tidur

Moms, Anda pasti pernah menghadapi saat-saat di mana si kecil sedang rewel karena sulit tidur. Moms pun pasti akan kalang kabut membuatnya senyaman mungkin agar bayi Anda bisa segera tidur. Beberapa cara pasti akan Moms coba untuk membuatnya bisa segera terlelap tidur.

Gangguan tidur memang sering kali terjadi pada bayi. Masalah sulit tidur ini bisa terjadi karena si kecil sedang tidak enak badan, kondisi kamar yang kurang nyaman, suara-suara yang berisik, popok yang basah, perut yang lapar, dan beberapa penyebab lainnya.

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi masalah sulit tidur pada bayi ini? Dilangsir dari laman parenting.com, berikut ini tips untuk membantu si kecil agar mudah tidur.

Berikan dot saat tidur
Memberikan dot pada bayi sebelum tidur hingga ia terlelap ternyata dapat membuatnya nyaman sehingga membantunya untuk lebih mudah tidur. Saat si kecil sudah terlelap, lepas dot dengal perlahan agar ia tidak terbangun karena dotnya lepas. Pilihlah dot yang terbuat dari bahan yang aman dan lembut supaya tidak menyakiti buah hati Anda.

Mencoba cara unik
Setiap bayi memiliki cara tersendiri agar ia mudah terlelap tidur. Moms mungkin belum mengetahui cara yang tepat untuk membuat si kecil mudah tidur sehingga Anda perlu mencoba berbagai cara unik. Seperti membawanya naik motor atau mobil keliling perumahan, menggendongnya, menyanyikan nina bobo, dan berbagai cara unik lainnya yang berhasil membuatnya terlelap tidur.

Membuat ritual sebelum tidur
Membuat ritual sebelum tidur yang rutin dan konsisten dilakukan akan membantu si kecil untuk memahami kapan ia harus tidur. Misalnya sebelum tidur Anda mengajak buah hati Anda mandi, ganti baju tidur, memijatnya lembut, membacakan dongeng sebelum tidur, menyanyikan nina bobo, dan akhirnya si kecil pun terlelap tidur. Ingat, konsistensi adalah kunci utamanya.

Membungkusnya dalam selimut hangat
Bayi yang baru lahir sebelumnya telah terbiasa berada di dalam rahim yang membungkusnya dengan hangat. Supaya buah hati Anda merasakan kenyamanan tersebut, Moms bisa memberikan selimut hangat dan membungkus si kecil di dalamnya. Dengan merasakan suasana yang sama, bayi akan lebih mudah untuk terlelap tidur dan tidur dengan nyenyak.

Membacakan dongeng sebelum tidur
Ketahuilah bahwa dengan mendengarkan suara orang tuanya bayi merasa lebih rileks, aman, dan nyaman sehingga ia dapat segera terlelap tidur. Maka dari itu, Moms bisa membacakan dongeng sebelum tidur agar si kecil lebih mudah terlelap tidur. Selain itu, membaca dapat menanamkan kebiasaan yang baik bagi buah hati Anda.

Semoga tips di atas dapat membantu Anda.

Oleh : Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading