Sukses

Parenting

Kapan Waktu yang Tepat untuk Memberi Makanan Pendamping ASI

Menurut ladies, pada usia berapa seharusnya buah hati mulai diperkenalkan pada makanan pendamping ASI? 3 bulan? 4 bulan? Atau mungkin 8 bulan?

Hati-hati ladies dalam menentukan waktu yang benar untuk memperkenalkan buah hati anda kepada makanan pendamping ASI. Jika terlalu dini, maka dampaknya akan kurang baik bagi kesehatan system pencernaan bayi anda.

Seperti menurut laman babycenter.com, sejak buah hati lahir hingga dia berusia 4 bulan, bayi tidak boleh diberi makanan apapun selain ASI. ASI yang didapatkan dari ibu sudah cukup untuk mengisi perut buah hati anda yang mungil. Pada usia 0 sampai 4 bulan, system pencernaan bayi masih berada dalam masa perkembangan, sehingga makanan selain ASI tidak diperbolehkan untuk dicerna bayi.

Beruntunglah ladies jika air susu anda lancar dan banyak, sehingga anda bisa memberi ASI eksklusif untuk buah hati anda. Sedangkan bagi ladies yang hanya memproduksi sedikit ASI, anda bisa menambah asupan gizi buah hati anda dengan bantuan susu formula. Ingat, pastikan bahwa susu formula yang ladies berikan kepada bayi anda sesuai dengan usianya.

Sedangkan ketika usia buah hati anda sudah menginjak 4 sampai 6 bulan, ini adalah saat yang tepat untuk mengenalkan makanan pendamping ASI. Jika ladies hanya mengandalkan ASI saja, dikhawatirkan bayi anda masih merasa lapar.

Makanan pendamping ASI apa yang bagus untuk diberikan kepada buah hati yang berusia 4 sampai 6 bulan ini? Beberapa jenis buah seperti apel, pisang, maupun buah pir adalah pilihan yang tepat. Ladies bisa juga memberikan sereal bayi yang disesuaikan dengan usia buah hati anda.

Berapa banyak makanan pendamping ASI yang seharusnya diberikan kepada buah hati dalam sehari? Sebagai starting point, campurkan satu sendok teh sereal atau buah yang telah dihaluskan dengan 4 sendok teh ASI atau susu formula.

Setelah beberapa hari, ladies bisa menambahkan jumlah menjadi 1 sendok makan sereal atau buah yang dihaluskan. Khusus untuk sereal bayi, buatlah sereal dengan jumlah ASI yang semakin dikurangi agar sereal tidak encer.

Yang perlu ladies perhatikan dalam mengenalkan makanan pendamping ASI adalah anda harus bersabar. Pasalnya tidak semua bayi mau melahap makanan pendamping ASI di percobaan pertama. Jika si kecil menunjukkan tanda-tanda tidak suka atau hanya makan satu-dua sendok saja, sebaiknya ladies tidak memaksanya. Sebaliknya, coba lagi di lain hari.

Oleh: Pravianti 

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading