Sukses

Parenting

Tanpa Tes Pack, Wanita Zaman Dulu Punya 5 Cara Aneh Untuk Mengetes Kehamilan

Bisa dikatakan, wanita zaman sekarang diberi banyak kemudahan dalam kehidupan sehari-hari. Saat Anda dan suami menanti kehamilan, tes pack bisa menjadi benda kecil yang hasilnya selalu mendebarkan. Tanda positif atau dua garis berarti hamil, sedangkan tanda segaris atau minus berarti belum hamil. Praktis dan mudah.

Tapi.. kira-kira bagaimana cara wanita zaman dahulu mengetahui kehamilan sebelum perut mereka mulai membesar? Ternyata ada banyak cara yang bisa dilakukan dan sebagian membuat Anda bengong sekaligus heran dengan keanehan mengetes kehamilan.

Dilansir oleh muvs.org, inilah 5 cara aneh yang dilakukan wanita zaman dahulu untuk mengetahui dirinya positif hamil atau tidak (dan Anda akan bersyukur tidak lahir di zaman itu).

(vem/yel)

1. Buang Air Kecil di Atas Biji Gandum

Pada masa 4000 tahun lalu di Kahun Papyrus, para tabib di Mesir Kahun menuliskan bahwa cara mereka mengetahui kehamilan wanita adalah (maaf) buang air kecil di atas biji gandum dan barley yang sudah dibungkus sehelai kain kecil.

Jika wanita tersebut hamil, salah satu biji akan tumbuh dengan ciri tertentu yang hanya diketahui sang tabib. Jika yang tumbuh adalah barley, maka diperkirakan sang wanita hamil anak laki-laki, sedangkan jika yang tumbuh biji gandum, maka si wanita sedang mengandung anak perempuan.

2. Minum Bir

Cara ini sangat aneh dan bertentangan dengan kedokteran modern. Pada masa kini, para dokter sangat melarang wanita untuk mengonsumsi minuman beralkohol karena dapat mengganggu pertumbuhan janin. Namun wanita di zaman dahulu justru minum bir untuk tahu dirinya hamil atau tidak.

Para wanita akan minum sedikit bir yang sudah didiamkan dalam beberapa tahun. Jika sang wanita merasa bir tersebut sangat pahit dibanding hari biasanya, berarti sang wanita sedang hamil. Namun jika rasanya pahit biasa saja layaknya bir, berarti dia sedang tidak hamil.

3. Memasukkan Bawang Putih di Miss V

Cara yang satu ini bisa membuat Anda ngilu tetapi benar-benar dipraktikkan sekitar abad ke 18 di Prancis. Wanita yang merasa dirinya hamil akan memasukkan sepotong kecil bawang putih ke dalam miss V mereka sebelum tidur malam hingga bangun keesokan paginya.

Jika keesokan paginya napas di wanita bau bawang putih, berarti dia tidak hamil. Namun jika napas si wanita tidak bau bawang putih berarti dia hamil. Cara ini menandakan bahwa janin yang ada di perut wanita menahan aroma bawang putih hingga tidak sampai ke napas sang wanita.

4. Memakai Ramalan Air

Pada abad ke-19 di Prancis, para wanita memakai bantuan peramal untuk mengetahui dirinya hamil atau tidak. Peramal yang dituju bukan peramal sembarangan, karena yang bisa melihat wanita positif hamil atau tidak adalah peramal yang menggunakan media air.

Para wanita akan datang ke peramal air untuk melihat apakah dirinya sudah hamil atau belum. Hebatnya, para peramal air bisa memprediksi jenis kelamin bayi yang dikandung sejak awal kehamilan. Walau terdengar tidak masuk akal, hasil ramalan mereka dilaporkan akurat.

5. Dari Sorot Mata dan Rona Pipi si Wanita

Seorang dokter dari abad ke 16 bernama Jacques Guillemeau menjelaskan bahwa wanita yang sedang hamil akan mengalami perubahan pada wajahnya. Walaupun perubahan itu sangat kecil, namun jika teliti, maka akan ketahuan wanita mana yang sedang mengandung, mana yang tidak.

Jacques Guillemeau mengatakan bahwa pada bulan kedua, mata wanita akan tampak lebih dalam, dengan pembuluh darah kecil yang terlihat lebih bengkak di sudut matanya. Termasuk rona pipi yang berbeda, akan tampak gurat-gurat tipis warna merah di sekitar pipi wanita yang akan muncul saat dia hamil, biasanya rona ini tidak terlalu tampak tetapi ada.

Percaya tidak percaya, Anda pasti lega tidak hidup di masa lalu. Sebab di masa sekarang, deteksi kehamilan sudah lebih akurat, mudah dan tidak aneh-aneh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading