Sukses

Parenting

Ajaran Budha Untuk Move On Dari Perceraian

Tentunya tidak ada yang berharap perceraian akan hadir sebagai tamu yang menakutkan dalam setiap hubungan suami istri, tapi takdir tak pernah bisa ditebak, begitu pula dengan datangnya perceraian. Rasa sakit di dalam putusnya sebuah hubungan apalagi hubungan yang sakral seperti perceraian tidaklah mudah untuk diobati, mungkin bagi beberapa orang bahkan rasa sakit tersebut tidak akan bisa hilang.

Namun ajaran Budha memiliki beberapa cara yang mampu mengurangi rasa sakit tersebut. Sebagaimana dilansir dari situs goodtherapy.org cara tersebut terangkum dalam enam cara untuk meringankan rasa sakit akibat perceraian.

Yang pertama yang harus dilakukan adalah menghilangkan semua prasangka, baik itu yang berhubungan dengan masa lalu, saat ini dan juga planning di masa depan, membayangkan hal yang tidak benar-benar anda ketahui hanya akan menambah rasa sakit. Selanjutnya anda harus tetap memiliki rasa sayang terhadap mantan anda, anggaplah itu sebgai bentuk peningkatan kualitas diri, rasa benci hanya akan menyumbat hati dengan rasa takut untuk memulai hidup baru.

Cara yang ketiga adalah jangan berpikir bahwa perceraian tersebut adalah sebuah karma dari alam, karena karma masih bisa diubah bila anda bertanggung jawab terhadap setiap perbuatan anda. Selanjutnya berfikirlah secara focus terhadap apa yang akan anda lakukan saat ini, berpikir terhadap masa lalu dan masa depan hanya akan menghadirkan prasangka yang tidak perlu.

Cara selanjutnya adalah dengan menerima kenyataan bahwa anda bercerai. Menurut budha rasa sakit tidak bisa dihindari tapi penderitaan adalah sebuah pilihan. Dan yang terakhir yaitu percaya pada kefanaan, maksudnya percaya bahwa rasa sakit itu hanya sementara dan akan segera berlalu.

Nah itulah beberapa tips untuk bisa move on dari perceraian, you got the messages?

 

Oleh: Muhammad Hilmy

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading