Sukses

Parenting

Bayi Caesar? Berikan ASI Kolostrum Untuk Daya Tahan Tubuhnya

Moms, tahukah Anda bahwa Anda sangat dianjurkan segera menyusui dengan ASI kolostrum 30 menit setelah proses persalinan berakhir? Anjuran ini lebih diutamakan jika bayi Anda lahir caesar.

Mengapa? Seperti dilansir dari laman portalkesehatanku.blogspot.com, bayi caesar sebenarnya mengalami rasa sakit yang lebih besar daripada bayi normal. Karenanya, pemberian ASI kolostrum dapat membantu mencegah infeksi dan mengurangi rasa sakit yang diderita bayi.

Selain mengurangi rasa sakit, zat immunoglobulin, rantai antimicrobial sepreti lactoferin dan lactoperoxidase serta molekul bioaktif lain yang banyak terkandung dalam kolostrum sangat bermanfaat bagi bayi caesar. Apa saja manfaatnya? Simak yuk!

Sebagai 'imunitas pertama'

Kolostrum kaya akan zat antibodi, sel aktif kekebalan tubuh, dan protein protektif lainnya. Kolostrum mengandung zat imunitas terutama immunoglobulin (IgA) yang bisa melindungi terhadap banyak infeksi seperti selaput paru-paru, usus, dan tenggorokan.

IgA juga mencegah diare pada bayi karena bisa menambal lubang pada usus bayi yang belum terbentuk secara sempurna. Dengan segudang kandungan zat yang kaya akan manfaat ini, kolostrum menjadi ‘imunitas pertama’ bagi bayi, khususnya bayi caesar, sampai sistem imunnya sendiri mulai berfungsi.

Mencegah kuman dan alergi

Dilansir dari laman kesehatan.kompasiana.com, prebiotik FOS yang terkandung dalam kolostrum membantu kematangan saluran pencernaan bayi agar berfungsi lebih efektif sehingga kuman dan zat alergi sulit masuk ke tubuh bayi.

Mengandung nutrisi lengkap

Ditambahkan dari laman melindahospital.com, kolostrum yang kaya akan vitamin A dan E membantu melindungi mata dan mengurangi infeksi pada bayi. Kolostrum juga mengandung mineral, zat besi, vitamin B6, B12, C, D, dan K. Kombinasi zat natrium, kalium, dan kolesterolnya juga ampuh untuk perkembangan jantung, otak serta sistem saraf pusat bayi.

Nah, banyak kan Moms manfaat ASI kolostrum bagi bayi? Maka dari itu, usahakan untuk memberikan kolostrum sebanyak dan sesegera mungkin pada hari-hari pertama kelahiran bayi Anda ya.

Oleh : Maulisa

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading