Sukses

Parenting

Apa itu ASI Kolostrum?

Moms, tahukah Anda apakah itu ASI kolostrum? Laman kidshealth.org menyebutkan ASI kolostrum adalah cairan kental berwarna kekuningan yang dikeluarkan oleh payudara Anda selama beberapa hari setelah kelahiran bayi Anda.

ASI ini juga bisa dianggap semacam “pra–susu” atau ASI pertama karena keluarnya sebelum ASI Anda benar-benar matang dalam 10 sampai 14 hari pasca melahirkan.

Lebih lanjut, selain kental dan berwarna kekuningan, ASI kolostrum juga bertekstur agak kasar. Hal ini disebabkan kandungan butiran lemak dan sel-sel epitel.

Kolostrum, atau disebut juga susu jolong, kaya akan protein, immuno-globulin, vitamin A, B6, B12, C, D, dan K, serta beberapa zat anti-infeksi seperti laktoferin dan lisozim.

Jumlah protein yang dikandung kolostrum sekitar dua kali lebih banyak dari pada ASI matang. Di samping itu, kolostrum juga mengandung beberapa jenis asam amino yang tidak terdapat dalam ASI matang.

Kelebihan lain adalah ASI kolostrum memiliki kadar gula yang rendah. Hal ini berguna untuk mengimbangi tingginya kadar gula darah pada bayi yang baru lahir.

Dengan segala keistimewaan yang dimilikinya, ASI kolostrum bisa disebut sebagai 'tameng perlindungan' bagi bayi Anda yang baru lahir hingga sistem imun sang bayi mulai berfungsi.

Bukan hanya sebagai pelindung tubuh, kolostrum juga berperan penting menjaga sistem pencernaan bayi berfungsi dengan baik.

Tekstur yang kental dan kasar membuat aliran ASI kolostrum sedikit lambat. Tapi justru inilah manfaat yang paling besar. Lambatnya aliran kolostrum memungkinkan bayi Anda untuk belajar mengoordinasikan cara menghisap, bernapas, dan menelan dalam satu waktu.

Oleh : Maulisa

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading