Sukses

Parenting

Bagaimana Cara Menenangkan Bayi yang Menangis dan Rewel?

Bayi rewel dan terus menangis? Gimana cara menenangkannya ya?

Menghadapi bayi yang rewel memang bisa membuat kita stres sendiri. Tapi, jika Anda ikut stres dan panik ketika bayi Anda sulit untuk ditenangkan, bayi Anda nantinya malah akan semakin rewel. Ini karena kadar stres yang Anda rasakan bisa mempengaruhi tekanan yang dirasakan oleh bayi Anda.  

Dilansir dari babyzone.com, ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa menenangkan bayi Anda tanpa harus ikut stres atau malah marah-marah. Simak cara-caranya di bawah ini.

    Cek Popok dan Suhu Tubuh Bayi

    Popok yang basah akan membuat bayi tidak nyaman dan ia pun bisa menangis rewel. Anda perlu mengecek popoknya sebelum menggunakan metode lain untuk menenangkan bayi Anda. Cek juga suhu tubuh bayi Anda. Sebaiknya gunakan termometer untuk bisa mengetahui secara pasti suhu tubuh bayi Anda.

    Berikan ASI dan Tepuk-Tepuk Area Punggungnya dengan Lembut

    Bayi bisa menangis karena ia lapar. Coba berikan ASI ketika bayi mulai rewel. Apabila ia masih menangis setelah minum ASI, coba tepuk-tepuk area punggung bayi Anda. Atau Anda bisa mengelus-elus punggungnya saat ia telungkup di pangkuan Anda untuk menghilangkan rasa tidak nyaman akibat gas yang ada di dalam tubuhnya.

    Buat Pengalih Perhatian

    Cobalah untuk membuat wajah lucu atau lakukan sesuatu yang bisa mengalihkan perhatiannya dan ia bisa tertawa. Buat pengalih perhatian yang dapat membuatnya 'lupa' akan alasan ia menangis. Anda juga bisa langsung memeluknya lalu mengajaknya untuk tidur bersama. Berikan ciuman dan pelukan hangat lalu katakan betapa Anda sangat menyayanginya.

    Ubah Cara Anda Memegang Bayi Anda

    Mengubah cara Anda memegang dan menggendong bayi bisa memberikan alternatif rasa nyaman yang baru untuk bayi Anda. Anda bisa juga menyenandungkan lagu atau menggumamkan sebuah lagu. Lagu lembut yang dinyanyikan oleh suara orang yang sangat dikenali oleh sang bayi biasanya akan meredakan tangisan bayi.

    Menari Bersama

    Gendong bayi Anda lalu gerakkan tubuh Anda kesana kemari seperti sedang menari. Kehangatan tubuh Anda dan kenyamanan yang didapatkan oleh bayi bisa membuatnya lebih tenang dan tangisannya reda. Tapi Anda perlu berhati-hati agar tidak berlebihan saat menggoyang-goyang tubuhnya.

    Ganti Bajunya

    Mungkin ada gigitan serangga atau sesuatu dari baju bayi Anda yang membuatnya tak nyaman. Cek kulitnya dan cari tahu apakah ada penyebabnya di tubuhnya. Alternatif lain adalah dengan memandikannya menggunakan air hangat dan mengolesi tubuhnya dengan minyak lavender atau minyak kayu putih. Ini akan sangat membantu bayi Anda untuk lebih tenang. Pijatan lembut juga bisa membuat bayi Anda lebih tenang.

    Ajak Jalan-Jalan

    Udara segar dan angin sejuk bisa menenangkan bayi Anda. Anda bisa mengajaknya keluar dan jalan-jalan sejenak ketika bayi Anda terlihat rewel terus ketika di rumah.



Dari semua cara tersebut, yang paling penting adalah Anda tetap tenang dan tidak mudah terpancing emosi ketika bayi terus menangis dan rewel. Pada tataran tertentu, memang tidak mudah untuk membuat bayi tenang dan berhenti menangis, tapi sebagai orang tua Anda perlu memastikan bahwa bayi Anda selalu merasa nyaman saat berada di dekat Anda.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading