Sukses

Parenting

Jangan Khawatirkan Batuk Bayi

Batuk adalah salah satu penyakit paling umum yang diderita anak-anak dan bayi. Seringkali, bayi dan balita mengalami lebih dari satu kali batuk dalam satu tahun. Hal ini wajar saja Bunda, sehubungan karena batuk bayi ini disebabkan oleh virus, bayi yang masih menjalani tahun-tahun pertamanya di dunia ini masih belum mempunyai kekebalan pada berbagai virus tersebut karena belum pernah mengalaminya sebelumnya.

Namun jangan khawatir Bunda, karena menurut babycentre.co.uk, gejala batuk ini akan sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari. Mungkin Anda hanya akan kurang tidur selama waktu-waktu tersebut, untuk menenangkan bayi yang rewel karena batuk di malam hari. Selama satu tahun pertama, bayi Anda mungkin akan mengalami sekitar 8 kali periode batuk, sementara sistem kekebalan tubuhnya tumbuh dan menguat.

Karena itulah, sayangnya, tidak ada hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindarkan si kecil dari batuk yang disebabkan oleh virus, misalnya virus influenza. Yang bisa Anda lakukan hanyalah menghindarkan bayi dari sumber-sumber alergi, seperti debu, asap rokok, serbuk sari, atau polusi. Apabila bayi Anda menderita batuk, jangan langsung memberikannya obat-obatan flu dan batuk yang dijual bebas di pasaran ya, Bunda. Karena hingga saat ini, belum ada obat batuk yang cocok diberikan untuk bayi, terutama yang masih di bawah satu tahun.

Namun, bawalah bayi ke dokter apabila batuknya tidak kunjung sembuh setelah lima hari atau malah memburuk, mengalami kesulitan pernafasan, disertai demam di atas 38? C, dan mengeluarkan lendir berwarna hijau, kuning, atau kecoklatan.

 

Oleh: Adienda Dewi S.

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading