Sukses

Parenting

Inilah Alasan Kenapa Ibu Muda Sangat Moody

Ketika seorang wanita memasuki fase sebagai seorang ibu muda, ia akan mengalami banyak sekali perubahan. Salah satunya adalah merasakan mood (suasana hati) yang gampang naik turun. Sebentar merasa sangat senang, sebentar kemudian merasa sangat sedih. Hmm, apakah kondisi tersebut bisa dikatakan normal ya?

Efek Perubahan Hormon
Hilda Hutcherson, M. D., seorang asisten profesor dari obstetrik dan genekologi di Columbia University College of Physicians and Surgeons, seperti yang dilansir oleh parents.com mengatakan bahwa mood yang berubah-ubah yang dialami seorang ibu muda ini tergolong normal. "Setelah melahirkan, wanita akan mengalami  perubahan dramatis dalam kadar hormonnya yang berdampak besar pada suasana hati mereka," jelasnya

Banyak wanita yang tidak siap dengan perubahan intens emosi yang diterimanya ketika baru memiliki anak. Seorang ibu muda pada awalnya bisa merasa sangat bersemangat dan senang dengan kehadiran buah hatinya tetapi rasa cemas yang baru juga akan semakin sering muncul.

Banyaknya Kewajiban yang Harus Dilakukan
Sebagai seorang ibu baru, Anda akan dihadapkan pada berbagai macam kewajiban baru seperti menyusui, mengganti popok, dan harus terjaga sepanjang malam. Semua kewajiban tersebut bisa membuat seorang ibu muda merasa kewalahan dan pada akhirnya tak bisa mengontrol emosinya dengan baik.

Baby Blues
Perasaan tiba-tiba merasa sedih dan cemas di beberapa minggu setelah melahirkan sebenarnya adalah sebuah kondisi yang normal. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh menurunnya kadar estrogen dan progesteron.

Margaret Howard, Ph. D., seorang psikolog dan direktur klinis dari rumah sakit gangguan postpartum di Women & Infants Hospital di Providence mengungkapkan, "Pada saat yang sama, ada kenaikan drastis pada kadar prolaktin, yang merangsang produksi susu. Sebelum masa-masa ini terlewati, ibu baru bisa merasa sedih dan tak bersemangat sepanjang waktu."

Seorang ibu muda yang baru pertama kali melahirkan juga akan mengalami yang namanya postpartum blues. Salah satu ciri Anda mengalami hal ini adalah adanya rasa menyesal dan ingin mendapatkan kembali hidup Anda yang sebelumnya. Tapi ketika seorang ibu sudah mengalami rasa sedih yang teramat dalam dan ada keinginan untuk melepaskan diri dari bayinya sendiri dan seluruh isi dunia, bisa jadi itu pertanda depresi postpartum.

Solusi Mengatasi Mood Swings
Jika saat ini Anda sedang menjalani masa-masa sebagai seorang ibu muda dan sering merasa sedih atau cemas secara tiba-tiba, Ada perlu mencari teman, pendukung, atau orang-orang yang bisa selalu menyemangati Anda. Akan lebih baik jika Anda bertemu dengan para ibu muda lainnya agar bisa mendapat teman untuk saling berbagi cerita dan pengalaman.

Menulis juga bisa menjadi terapi yang baik dan menyenangkan. Anda bisa menulis di buku harian atau membuat blog khusus untuk menuliskan semua pengalaman dan keresahan hati Anda.

Menjadi ibu adalah pengalaman yang luar biasa. Meski Anda akan mengalami berbagai macam hal yang tak menyenangkan, tapi ketika Anda bisa menjalaninya dengan penuh keikhlasan, maka Anda akan melewati masa-masa tersebut dengan penuh rasa syukur.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading