Sukses

Parenting

Tak Hanya Sebagai Sumber Makanan Bayi, Ini 5 Keajaiban Lain ASI

ASI telah lama dipercaya sebagai sumber makanan terbaik bagi bayi. Oleh karena itu para ahli kesehatan menyarankan memberikan ASI untuk bayi hingga usia sekitar 2 tahun.

ASI ternyata tak hanya sekedar sebagai makanan bagi bayi lho. Ajaibnya, ASI ternyata dapat menyembuhkan berbagai sakit yang diderita oleh bayi, mulai dari sakit tenggorokkan hingga iritasi kulit. Dilansir oleh babble.com, berikut 5 manfaat ASI selain sebagai sumber makanan bayi:

    Mengobati Sakit Tenggorokan

    Sakit tenggorokan tentunya menyiksa bagi bayi. Berikan ASI secara rutin meskipun dalam jumlah kecil saat bayi sakit tenggorokan. Antibodi yang terkandung dalam ASI membantu mengobati rasa gatal dan sakit di tenggorokan.

    Mengobati Luka Bakar

    Efek menyejukkan pada ASI dapat mengobati luka bakar. Kombinasi antibodi pada ASI berfungsi sebagai pelindung yang baik, menghentikan rasa sakit dan menyembuhkan luka dengan cepat.

    Menghilangkan Gatal Karena Gigitan Nyamuk

    Bayi sering menjadi sasaran gigitan nyamuk yang membuat kulitnya gatal dan tak nyaman. Oleskan sedikit ASI pada bagian yang digigit nyamuk. Tak hanya menghilangkan rasa gatal, studi menemukan bahwa komponen ASI juga ampuh melawan virus West Nile.

    Mengurangi Puting Yang Sakit

    Puting yang sakit adalah hal umum yang dirasakan saat pertama kali menyusui. Tak perlu bingung mencari obatnya karena ternyata ASI dapat mengobatinya lho. Caranya: gosokkan perlahan ASI pada puting yang luka dan biarkan kering dengan alami untuk mengurangi rasa sakitnya.

    Mengobati Iritasi Akibat Pemakaian Popok

    Kulit iritasi akibat pemakaian popok kerap dialami bayi dan menimbulkan luka kemerahan. Oleskan ASI ke bagian kulit bayi yang teriritasi. Luka dan kemerahan akan sembuh dan memberikan rasa nyaman pada kulit bayi.

Nah, ternyata ASI punya segudang manfaat ya, Bunda. Apakah Anda menemukan manfaat kesehatan lain dari ASI selain sebagai sumber makanan? Yuk bagikan rahasianya di kolom komentar berikut ini.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading