Sukses

Parenting

Hindari Memberikan 6 Makanan Ini Kepada Bayi Anda

Sebagai orang tua, memberikan asupan gizi yang berimbang bagi bayi adalah hal yang menjadi perhatian khusus. Agar bayi lahap makan, para orang tua umumnya memberikan makanan dengan cita rasa dan penampilan yang menarik.

Perkembangan indra perasa dan pencernaan bayi adalah tahap penting dalam tumbuh kembangnya. Dengan memberikan makanan yang tidak baik, misalnya makanan olahan, gorengan ataupun makanan yang terlalu manis, orang tua akan membangun kebiasaan makan yang buruk untuk bayi. Dilansir oleh boldsky.com, berikut 6 makanan yang tidak disarankan untuk bayi.

(vem/wnd)

Daging-Dagingan Beku

Sosis ataupun daging dalam kaleng memang tampak lezat dan mengenyangkan bayi. Tetapi makanan olahan ini kaya akan nitrat dan bahan pengawet untuk menambah warna. Sodium nitrat diduga meningkatkan risiko tumor otak, leukimia dan kanker. Lebih baik ganti dengan mengolah daging segar sendiri menjadi bakso, tim atau makanan yang dijamin kualitas dan kebersihannya.

Sereal Sarapan

Sereal sarapan umumnya dikonsumsi karena kepraktisannya. Tetapi ternyata sereal sarapan mengandung banyak gula. Dalam proses pembuatannya, nutrisi alami biji-bijian telah hilang dan digantikan dengan rasa, warna dan vitamin buatan. Oleh karena itu, sereal ini hanya memberikan efek kenyang sementara karena sesungguhnya tidak mengandung kalori sama sekali.

Minuman-Minuman Rasa Buatan

Kita semua tahu soda dan cola tidak baik untuk kesehatan. Namun, banyak orang yang menghindari kedua minuman tersebut dan justru mengkonsumi minuman-minuman dengan rasa buatan. Padahal minuman ini mengandung berbagai bahan yang berbahaya.

Dalam sekali minum, minuman rasa buatan mengandung 15 sendok gula, pewarna buatan, perasa buatan dan asam yang dapat mengikis gigil. Hal ini juga terkandung dalam jus buah dan yoghurt kemasan.

Makanan Instan

Mie instan, pasta dan sup kalengan barangkali menjanjikan gizi yang tertera pada kemasannya. Tetapi Anda tak disarankan memberikannya pada bayi Anda karena makanan-makanan ini berisiko menimbulkan alergi dan ketidakseimbangan hormon. Pewarna buatan, perasa buatan, MSG dan garam berlebih dapat menyebabkan asma dan sakit kepala pada bayi.

Makanan Bebas Gula

Apakah makanan bebas gula baik untuk bayi? Tidak. Pemanis yang biasanya digunakan adalah pemanis buatan yang dapat berdampak pada bayi. Pemanis buatan ini mengakibatkan masalah metabolisme, kanker, sakit kepala dan halusinasi. Jika dikonsumsi dengan bebas, justru mengakibatkan diabetes pada anak. Baca kemasan dengan baik dan hindarilah pemanis bebas gula ini.

Camilan Ringan Dalam Kemasan

Keripik kentang dalam kemasan memang disukai bayi dan anak-anak. Tetapi makanan ini mengandung banyak minyak, sodium, perasa buatan dan pewarna buatan. Menurut beberapa penelitian di Inggris, camilan ringan dalam kemasan tinggi glukosa dan mengurangi produksi insulin sehingga membuat bayi dan anak merasa terus-terusan lapar. Lebih baik ganti camilan dengan buah atau kacang-kacangan yang dimasak sendiri.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading