Sukses

Parenting

Ada Apa Saja di Dalam Susu Kolostrum? (II)

Pada artikel sebelumnya, anda telah menyimak bahwa susu kolostrum mengandung tiga komponen penting. Ketiga komponen tersebut adalah immune factors, growth factors, dan nutritional components. Immune factors merupakan substansi yang paling berperan dalam memberi sistem kekebalan tubuh yang terdiri atas sederet komponen.

Setelah membahas kandungan zat di dalam immune factors, yuk move on pada komponen yang kedua, yaitu growth factors. Growth factor tergolong dalam peptide. Peran growth factors adalah sebagai molekul intrasesuler yang tugasnya adalah memproduksi protein-protein tertentu di dalam sel target.

Seperti yang dikutip dari situs apsbiogroup.com, growth factors tersusun atas sederet komponen. Komponen tersebut antara lain: IGF -1, IGF -2, TGF alfa, TGF beta, Epithelial growth factor, epidermal growth factor, fibroblast growth factor, dan platelet derived growth factor.

Selain berperan sebagau molekul intraseluler, growth factor yang terkandung di dalam kolostrum juga memiliki fungsi penting dalam pertumbuhan dan perkembangan sistem pencernaan bayi yang baru lahir.

Komponen kolostrum yang ketiga adalah nutritional components yang terdiri dari mineral, vitamin, asam amino, dan essential oil.

Mineral yang banyak ditemukan di dalam kolostrum adalah kalsium, sodium, magnesium, dan zat besi. Sedangkan vitamin yang bisa ditemukan di dalam kolostrum antara lain vitamin A, B1, B2, B6, B12, dan E.

Oleh: Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading