Sukses

Parenting

Ibu Menyusui Bayi dan Terlindungnya Anak dari Obesitas

Berbicara tentang obesitas, yang pertama kali terlintas dalam benak anda pastilah sesosok manusia yang memiliki berat badan jauh di atas normal dan dengan kebiasaan makan yang tidak terkontrol. Membayangkan hal seperti terjadi kepada anak anda tentu akan membuat anda bergidik sendiri kan, Ladies? Untungnya, terdapat satu hal yang bisa anda lakukan untuk mencegahnya, yaitu dengan memainkan peran anda sebagai ibu menyusui bayi.

Anda mungkin tidak percaya dengan pernyataan ini ya, Ladies. Namun ternyata, sudah banyak penelitian yang memberikan hasil yang sama seperti dengan pernyataan di atas. Jadi, anda mungin sudah harus mulai mempertimbangkan untuk memberikan ASI eksklusif kepada buah hati-buah hati kesayangan anda.

Dari penelitian yang dilakukan tersebut juga didapatkan beberapa alasan mengapa pemberian ASI eksklusif bisa mencegah terjadinya obesitas, Moms. Alasan-alasan yang ditemukan tersebut, seperti yang dijelaskan dalam babycenter.com, adalah

1. Bayi yang meminum susu yang diproduksi oleh ibunya memiliki lebih banyak leptin di dalam tubuhnya. Leptin ini adalah sebuah hormon yang tugasnya adalah melancarkan regulasi makanan dan lemak yang ada di dalam tubuh bayi tersebut

2. Jika dibandingan dengan bayi yang meminum ASI eksklusif, bayi yang meminum susu formula akan mengalami penambahan berat badan yang signifikan pada minggu pertama setelah ia dilahirkan. Penambahan berat badan yang signifikan ini sering diasosiasikan dengan obesitas yang terjadi nantinya.

Oleh : Meilia Hardianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading