Sukses

Parenting

Jangan Paksa Bayi Saat Proses IMD Agar Puting Tidak Lecet

Menyusui adalah bagian dari rangkaian proses kehamilan yang dialami oleh seorang wanita. Menyusui memiliki tantangan tersendiri bagi seorang ibu karena proses ini melibatkan penyatuan komunikasi antara ibu dan bayi. Teknik menyusui pun harus diperhatikan agar puting tidak lecet.

Pada awal proses inisiasi antara ibu dan bayi, ada baiknya ibu tidak memaksa bayi untuk segera meminum susu tersebut.
Hal tersebut sangatlah penting karena inisiasi yang dipaksakan dapat memicu lecet pada puting Anda. Penyebab dari lecet tersebut adalah karena lidah bayi baru lahir umumnya bertekstur kasar.

Dianjurkan bagi Anda untuk membiarkan bayi mencari sendiri puting payudara Anda. Biarkan si kecil menggunakan lidah mungilnya untuk mencari ujung puting. Tunggu si kecil untuk membuka mulut dan memasukkan puting ke mulutnya.

Selain tidak memaksakan bayi untuk melakukan inisiasi, Anda juga perlu memperhatikan posisi bayi dipangkuan Anda.
Posisi bayi yang terlalu dekat dengan payudara akan berdampak pada bayi kesulitan bernafas dan melakukan gerakan kasar. Selain berbahaya bagi bayi, hal tersebut dapat memicu luka lecet di area puting Anda.

Anda perlu mengingat bahwa bayi manusia adalah bayi yang paling tidak dewasa ketika terlahir ke dunia dibanding bayi dari jenis mamalia lainnya.

Makanya, agar proses inisiasi berjalan lancar, disarankan bagi Anda untuk memeperhatikan kenyamanan, keterhubungan, dan perasaan aman antara bayi dan sang ibunda.


Oleh: Dwi Yonas Putranto

 

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading