Sukses

Parenting

Obstetric Sonography dan Pengamatan Organ Dalam Wanita Selama Kehamilan

Ladies, kenal dengan istilah Obstetric Sonography nggak sih? Obstetric Sonography ini adalah yang populer kita sebut dengan USG itu lo ladies. Nggak Cuma buat mengamati perkembangan janin dalam kandungan, ternyata alat ini dapat digunakan untuk mengemati organ dalam wanita milik ladies.

Obstetric Sonography atau USG (ultrasonography) banyak digunakan oleh praktisi medis karena alat ini dianggap aman. Tanpa melaui proses pembedahan, ladies bisa mengetahui kondisi organ dalam ladies bahkan kondisi si kecil dalam kandungan.

Peran utama dari USG adalah untuk mengetahui perkembangan bayi dalam kandungan. Akan tetapi, beberapa keadaan organ dalam wanita juga dapat teramati menggunakan alat ini.

Seperti dilansir laman oleh ob-ultrasound.net, USG dapat digunakan untuk melihat kondisi uterus dan vaginal bleeding di awal masa kehamilan.

Saat awal kehamilan, biasanya dilakukan pemeriksaan untuk memastikan embrio hasil pembuahan sel telur dan sperma telah melekat dengan dinding uterus. Selain itu, USG juga digunakan utuk memastikan apakah ada kelainan pada placenta yang nantinya menyuplai makanan dan oksigen ke dalam tubuh bayi.

Terkait dengan vaginal bleeding, hal tersebut terjadi pada awal kehamilan dimana hal tersebut menunjukkan adanya aktifitas awal perkembangan fetus di dalam rahim.

Dengan menggunakan USG, dapat menjadi langkah lanjutan untuk menaggulangi hal tersebut sehingga segala ketidaknormalan embrio dalam kandugan dapat teramati dan mendapatkan penanganan medis lanjutan.


Oleh: Dwi Yonas Putranto

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading