Sukses

Parenting

Eczema – Penyakit Pada Puting Payudara Menyusui

Penyakit pada puting payudara menyusui juga tak kalah menyebalkannya loh Bunda. Karena penyakit ini dapat mengganggu aktifitas menyusui atau bahkan menghentikan aktifitas menyusui itu sendiri. Pasti dong Bunda tidak ingin sang buah hati kekurangan ASI karena penyakit ini? Karenanya, yuk disimak ulasan berikut tentang penyakit terkait.

Menurut laman medicalnewstoday.com, Eczema adalah suatu kondisi kulit kronis di mana kulit menjadi gatal, memerah, retak dan kering. Eczema juga dikenal sebagai dermatitis atopic (bentuk yang paling umum dari eczema sendiri). Eczema atopik biasanya menyerang anak-anak, namun juga tak menutup kemungkinan juga menyerang wanita yang sedang menyusui.

Kata eczema sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu ekzein yang berarti “medidih keluar”, kata ek sendiri berarti keluar, sedangkan kata zema berarti mendidih.

Pada puting wanita yang sedang menyusui, gejalanya sendiri adalah terjadinya pembengkakan pada puting payudara dan puting juga akan terasa gatal. Penyebabnya sendiri adalah pemakaian krim, lotion dan sabun. Selain itu, berenang di air yang banyak mengandung chlorine (sejenis kaporit) juga bisa menjadi sebabnya.

Nah, oleh karena itu, hindari penggunaan produk-produk lotion, krim dan sejenisnya di sekitaran puting payudara ya Bunda. Untuk masalah berenang sendiri, sebaiknya cuti dulu selama masa menyusui. Atau jika memang sangat menginginkannya, sebaiknya dilakukan sekali dalam sebulan saja ya.

Karena bagi seorang Ibu, kesehatan sang buah hati merupakan prioritas yang paling utama. Bukan begitu Bunda?


Oleh: Dwi Yonas P.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading