Sukses

Parenting

Apa yang Terjadi Dengan Anak Hasil Hamil di Luar Nikah?

Hamil di luar nikah merupakan hal yang sangat tabu di kehidupan masyarakat Timur. Namun, tetap saja hal itu sering terjadi, baik di daerah desa maupun kota di Indonesia. Banyak remaja yang terjebak dalam hubungan di luar nikah, dan berakhir menjadi orangtua muda yang belum siap untuk mempunyai anak.

Jika orangtuanya saja belum siap untuk menerima kehadiran sang anak, apa jadinya dengan kehidupan anak itu kelak? Menurut laman professorhouse.com, hanya sedikit remaja yang hamil di luar nikah melanjutkan sekolahnya hingga pendidikan menengah. Hanya 1 sampai 2% remaja yang menyelesaikan studinya hingga universitas.

Anak yang terlahir dari kehamilan di luar nikah akan cenderung memiliki prestasi yang rendah di bidang akademis. Ini dikarenakan orangtua mereka yang tidak melanjutkan sekolah ketika mereka menyadari masa kehamilannya.
Anak hasil hamil di luar nikah juga memiliki kemungkinan yang besar untuk dicaci atau dibuli dan diabaikan oleh lingkungan sekitarnya, terutama lingkungan pertemanan.

Terlebih lagi, fakta membuktikan bahwa anak laki-laki dari hamil di luar nikah mempunyai kemungkinan 13% lebih tinggi mengakhiri hidupnya di balik jeruji besi. Anak perempuan hasil hamil di luar nikah mempunyai kemungkinan 22 % lebih tinggu untuk mengalami hamil di luar nikah ketika mereka menginjak remaja dibandingkan dengan anak perempuan yang dilahirkan hasil dari hamil setelah pernikahan.

Oleh: Raisa Fadilla

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading