Sukses

Parenting

Frekuensi Bayi Menyusui yang Benar.

Apabila bayi menyusui dengan benar, baik Bunda maupun bayi pasti sangat menikmati momen-momen menyusui ini. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan nih Bunda, mengenai seberapa sering seharusnya Bunda memberi ASI pada bayi.

Seperti dilansir dari laman whattoexpect.com, selama dua sampai tiga hari setelah melahirkan, cara memberikan air susu yang benar adalah sesering mungkin, tapi tidak usah memaksakan si kecil agar minum air susu sampai kenyang. Optimalnya adalah sekitar 12 kali sehari, dan setiap kali memberi air susu, durasinya sekitar 30 menit.

Bayi yang baru lahir biasanya belum memiliki nafsu makan yang tinggi, lagipula selama awal-awal kelahiran, Bunda belum menghasilkan ASI, tapi baru menghasilkan kolostrum. Bunda akan menghasilkan sedikit sekali kolostrum, tapi hal itu sesuai dengan kebutuhan bayi karena bayi hanya memerlukan sedikit asupan kolostrum.

Apabila bayi sudah tumbuh besar, cara mengetahui frekuensi yang benar untuk memberinya ASI adalah dengan memberikannya ASI setiap kali dia lapar. Dia akan menunjukkan rasa lapar dengan menarik payudara, tangan, atau baju Bunda.

Dia juga akan menunjukkan rasa lapar dengan membuka mulutnya ketika berada di dekat Bunda. Jangan tunggu sampai dia menangis dulu baru Bunda memberinya ASI.

Setiap kali memberi ASI, durasinya berbeda-beda Bun, tergantung seberapa lapar buah hati Bunda. Intinya, berhentilah memberinya ASI apabila dia menunjukkan tanda-tanda sudah kenyang, misalnya berhenti mengisap payudara Bunda.

Semoga bermanfaat ya Bun!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading