Sukses

Parenting

Bagaimana Bila si Bayi Justru Menjauh Saat Proses IMD?

Moms, terkadang proses IMD tak semudah yang dibayangkan. Beberapa bayi justru memilih menjauh dari sang ibunda. Nah, jika sudah begini, apa yang bisa dilakukan?

Dilansir oleh health.govt.nz, jika bayi semakin lama dibiarkan di tempat tidur dengan menahan rasa laparnya, proses IMD akan tertunda lebih lama. Namun, jangan khawatir, Moms. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan naluri si bayi.

Cara yang pertama adalah beristirahatlah bersama si bayi. Lakukan kontak kulit ke kulit dengan si bayi. Letakkan bayi di atas Anda dan buat ia merasa aman dan nyaman.

Yang kedua, jangan biarkan banyak orang masuk ke dalam ruangan. Batasi orang dalam ruangan, misalnya ayah si bayi saja. Terlalu banyak orang di dalam ruangan juga dapat mengganggu konsentrasi bayi.

Yang ketiga, tangani bayi sendiri. Pada saat hendak melakukan IMD, berusahalah agar si bayi tidak dalam penanganan orang lain misalnya teman atau sanak famili. Pastikan untuk menjelaskan alasannya, yaitu ingin melakukan IMD dan menunggu sampai si bayi sehat betul. Jika diperlukan, minta bantuan perawat atau bidan.

Kondisi ini normal terjadi pada bayi yang baru saja lahir. Butuh beberapa waktu bagi si bayi untuk bisa memulai IMD. Namun, jika bayi mulai merasa tidak nyaman, jangan terus memaksa. Hentikan upaya IMD sejenak untuk menenangkan dan membuat bayi nyaman. Setelah bayi terlihat ceria kembali, proses IMD dapat kembali dilakukan.

Oleh: Susvia Cahyaning

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading