Sukses

Parenting

Bayi Kembar? Tetap Lakukan IMD

Moms, IMD sangat penting untuk dilakukan. Kondisi bagaimanapun, pasti seorang ibu tetap mengupayakan melakukan IMD. Saking pentingnya, hal ini tak dapat dilewatkan meskipun sang ibu melahirkan melalui operasi caesar. Namun, apabila si bayi kembar, apa yang harus dilakukan?

Dilansir oleh bidanku.com, inisiasi menyusui dini pada persalinan bayi kembar sangat mungkin dilakukan. Yang harus dilakukan adalah segera meletakkan bayi pertama pada kulit, di atas, setelah melahirkan. Tidak perlu menunggu-nunggu karena bayi kedua akan segera datang.

Peran ayah atau keluarga sangat penting juga, Moms. Dilansir oleh bayi.web.id, prinsip sebenarnya sama seperti ketika melahirkan bayi tunggal. Saat bayi pertama lahir, langsung bersihkan bagian mulut dan hidung bayi. Bagian yang harus bersih adalah kepala. Tali pusar jangan lupa diikat terlebih dahulu. Namun, bagian tangan bayi dibiarkan tanpa dibersihkan.

Lalu, bayi ditaruh di perut ibu dengan posisi tengkurap. Biarkan kulit saling bersentuhan untuk menambah keterikatan. Untuk membuatnya lebih nyaman, selimuti bayi agar tidak kedinginan. Pada kondisi ini, bila bayi kedua hendak lahir, bayi pertama dapat diberikan kepada ayah. Pada saat ini, kontak kulit harus tetap terjadi antara ayah dan anak.

Setelah bayi kedua lahir, segera keringkan bagian kepalanya terutama bagian mulut dan hidung. Jangan lupa, bagian tangan tidak perlu dibersihkan. Terakhir, tali pusar diikat. Lalu, bayi ditaruh di perut ibu dengan posisi tengkurap dengan kulit saling bersentuhan.

Lalu, bayi pertama kembali diletakkan di dada ibu berdampingan dengan saudaranya. Untuk kenyamanan, ibu dan bayinya diselimuti. Prosesnya kemudian sama dengan IMD pada bayi tunggal.

 

Oleh: Susvia Cahyaning

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading