Sukses

Parenting

Proses dan Tahapan IMD

Pada prinsipnya, bayi memiliki naluri dan kemampuan untuk menemukan payudara ibunya sesaat setelah lahir. Bayi juga mampu untuk minum pertama kalinya dengan kemampuannya sendiri. Hal ini dikenal dengan IMD. WHO juga mengatur mengenai hal ini sejalan dengan program menurunkan angka kematian bayi di bawah usia 5 tahun.

Bagi ibu yang baru pertama melahirkan, mengetahui tahapan proses IMD sangatlah penting. Dilansir oleh bayi.web.id, segera setelah lahir, bayi dikeringkan wajah dan terutama bagian hidung dan mulut.

Bagian tangan dan vernix atau lemak putih tidak perlu di hilangkan karena vernix membuat bayi merasa nyaman. Agar bayi tidak kedinginan, pakaikan topi pada bayi dan selimut pada ibu dan bayi. Kemudian, letakkan bayi dengan posisi tengkurap pada perut atau dada ibu. Biarkan kulit ibu dan bayi saling bersentuhan.

Setelah proses tersebut, ibu tinggal menunggu bayi menghampiri minumnya sendiri. Dilansir oleh bidanmu.com, terdapat tanda-tanda perilaku bayi sebelum menyusu kepada ibunya.

Yang pertama, bayi diam dan beristirahat selama 30-40 menit dengan sesekali melihat ibunya atau mengeluarkan suara. Tanda berikutnya adalah bayi mulai mengeluarkan air liur.

Kemudian, bayi mulai menekan ibu dengan kakinya dan berusaha bergerak mendekat payudara. Yang terakhir, bayi mulai menjilat kulit ibu dan menemukan puting susu.

Dilansir oleh growupclinic.com, setelah proses menyusui pertama selesai, baru bayi mulai ditimbang, diukur, dan diberi vitamin. Namun setelahnya, tetap letakkan bayi bersama dengan ibunya dengan sesering mungkin diletakkan bersentuhan kulit ke kulit di dada sang ibu. Hal ini memudahkan kegiatan menyusui selanjutnya dan meningkatkan ikatan batin antara ibu dan anak.

Oleh: Susvia Cahyaning

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading