Sukses

Parenting

Manfaat yang Dirasakan Bayi Apabila Bayi Menyusui (III)

Di ulasan sebelumnya telah disebutkan dua manfaat yang dirasakan bayi apabila bayi menyusui, yaitu terlindung dari infeksi dan terbebas dari timbunan lemak. Berikut ini tiga manfaat lain seperti dilansir dari laman whattoexpect.com:

- Bayi menjadi lebih pintar

Sebuah studi mengatakan bahwa secara statistik, bayi yang diberi ASI menunjukkan IQ yang jauh lebih tinggi dibandingkan bayi yang diberi susu formula. Salah satu alasan yang mungkin dapat menjelaskan fenomena ini adalah adanya kandungan asam lemak DHA di dalam ASI. DHA adalah zat penting yang berguna dalam perkembangan otak bayi.

Selain dari sisi IQ, kontak antara bayi dan Bunda selama berjam-jam ketika pemberian ASI juga bermanfaat bagi perkembangan kognitif dan emosi bayi.

- Mulut bayi menjadi lebih kuat

Jika dibandingkan antara mengisap dot atau puting botol (yang terbuat dari plastik atau silikon) dengan mengisap payudara Bunda, mengisap payudara Bunda akan membuat rahang dan gigi menjadi lebih kuat. Hal ini disebabkan ketahanan payudara lebih kuat daripada ketahanan dot atau puting botol.

Selain itu, gigi dan rahang bayi bisa berkembang dengan kuat karena mulut bayi bekerja dengan keras setiap kali menyusu ke Bunda.

- Meningkatkan selera makan bayi

Berdasarkan para ahli dan juga para orang tua, bayi yang diberi ASI, ketika sudah mencapai umur 6 bulan atau lebih akan lebih mudah untuk diberi makanan padat. Bayi akan lebih mudah disuapi, sehingga Bunda tidak perlu khawatir tentang asupan gizi buah hati Bunda.

Banyak sekali ya Bun manfaatnya. Segera berikan ASI pada buah hati Bunda ya!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading