Sukses

Parenting

Manfaat yang Dapat Bunda Rasakan Apabila Bayi Menyusui (I)

Bayi menyusui ternyata tidak hanya bermanfaat bagi bayi saja Bunda, tapi bermanfaat bagi Bunda juga. Ingin tahu manfaat apa saja yang dapat Bunda rasakan? Berikut ini ulasannya:

- Mengurangi risiko terkena kanker payudara

Seperti dilansir dari laman askdrsears.com, wanita yang memberikan ASI pada bayi akan mengurangi risiko dirinya terkena kanker payudara sebesar 25%. Pengurangan risiko ini sebanding dengan waktu pemberian ASI. Jadi, semakin lama wanita memberikan ASI pada bayi, semakin berkurang risiko dia terkena kanker berbahaya ini.

- Mengurangi risiko terkena kanker rahim dan kanker ovarium

Ketika Bunda memberi ASI pada bayi, kandungan hormon estrogen di dalam tubuh Bunda berubah, yaitu menurun daripada biasanya.

Diperkirakan jika hormon estrogen yang ada di dalam tubuh Bunda lebih sedikit dari biasanya, stimulasi dinding rahim dan jaringan payudara yang dilakukan hormon tersebut akan lebih sedikit. Karena stimulasi di jaringan-jaringan tersebut lebih sedikit, akan semakin kecil risiko jaringan-jaringan tersebut berubah menjadi kanker.

- Bermanfaat untuk memberi jarak antar kehamilan

Saat Bunda memberi ASI pada bayi, Bunda menunda ovulasi. Semakin lama Bunda memberi ASI pada bayi, semakin lama penundaan ovulasi, sehingga Bunda lebih jarang untuk hamil di masa-masa itu. Hal-hal yang mempengaruhi ovulasi Bunda adalah pola menyusui bayi dan bayi itu sendiri.

Masih ada banyak manfaat lain Bun. Simak di artikel selanjutnya!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading