Sukses

Parenting

Perlindungan yang Diberikan ASI Apabila Bayi Menyusui (I)

ASI adalah substansi hidup yang kompleks, seperti darah, yang di dalamnya terdapat berbagai macam unsur yang berguna untuk melawan penyakit dan unsur yang berguna untuk meningkatkan kesehatan. Apabila bayi menyusui, bayi akan lebih terlindungi dari berbagai macam penyakit.

Seperti dilansir dari laman askdrsears.com, setetes ASI mengandung 1 juta sel darah putih. Sel-sel tersebut disebut sebagai makrofag. Makrofag ini berfungsi untuk “melahap” kuman.

ASI juga mengandung immunoglobulin A, yang melapisi lapisan usus bayi yang belum terlalu kuat, sehingga usus terlindung dari berbagai macam kuman. Immunoglobulin A juga berfungsi untuk mencegah alergi makanan. Dengan melapisi lapisan usus bayi, immunoglobulin A mencegah molekul-molekul dari makanan asing masuk ke dalam aliran darah yang menyebabkan terjadinya alergi.

Kolostrum, air susu yang muncul setelah kelahiran mengandung banyak sekali immunoglobulin A, yang sangat dibutuhkan oleh bayi yang baru lahir. Kolostrum juga mengandung lebih banyak sel darah putih dan substansi pelawan infeksi jika dibandingkan dengan ASI biasa.

Seiring dengan pertumbuhan bayi, ASI semakin berguna untuk melindungi bayi dari berbagai macam infeksi. Setiap kali Bunda memberi ASI, Bunda mentransfer antibodi ke sistem imun bayi agar sistem imun bayi menjadi lebih kuat. Apabila bayi diserang oleh kuman, antibodi yang ditransfer oleh Bunda akan melawan kuman tersebut.

Di artikel berikutnya akan dijelaskan penyakit-penyakit yang dapat dicegah apabila bayi diberi ASI, simak terus ya Bun!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading