Sukses

Parenting

Dapatkah Saya Hamil Menyusui? (2)

Jika Anda menanyakan pertanyaan berikut kepada dokter kandungan Anda: bisakah saya hamil menyusui pada waktu yang bersamaan? Jawabannya pasti bisa. Yang menjadi permasalahan adalah bisakah Anda hamil ketika Anda menyusui?

Nah Moms, secara teknisnya, memang hamil sambil menyusui merupakan hal yang berat untuk dijalani sebab kedua hal tersebut membutuhkan perhatian ekstra daripada sekadar hamil atau menyusui saja. Namun, yang perlu diingat pula Anda tidak akan hamil ketika Anda menyusui tanpa sepengetahuan Anda, Moms. It’s a matter of choice.

Nah, pada artikel sebelumnya Anda mengetahui bahwa hamil ketika Anda menyusui adalah hal yang sulit terjadi, bahkan secara teori hal tersebut cukup mustahil untuk terjadi. Mengapa mustahil?

Sebab hormon yang seharusnya membantu pembuahan (estrogen) dan yang bertugas membentuk embrio (progesterone) terhalangi oleh hormon yang bertugas memproduksi ASI (prolactin). Namun, Anda pun telah mendapatkan 2 tips utama untuk menyiasati teori tersebut pada artikel 1.

Ketika pembuahan sulit untuk terjadi, padahal Anda telah mengurangi jadwal menyusui balita hingga 2-4 kali sehari, tandanya Anda perlu untuk melakukannya pada waktu yang tepat: masa subur. Mulailah menghitung dan coba lagi, siapa tahu bulan depan ovulasi atau pembuahan dapat terjadi.

Anda pun mungkin membutuhkan dorongan dari makanan yang mampu menstimulus pembuahan. Beberapa ibu telah membuktikan kemampuan jus anggur dan cranberry adalah contoh makanan yang mampu membantu. Sedangkan beberapa ibu mempercayakan kemampuan suplemen bernama Vitex yang bisa memperlancar sirkulasi dan mempermudah ovulasi.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading