Sukses

Parenting

Bagaimana Jika Bayi Tidak Siap Untuk IMD?

Saat hamil, Ladies mungkin sudah berangan-angan untuk memberikan asi secara eksklusif untuk sang buah hati tercinta. Namun, setelah proses melahirkan selesai, saat Ladies ingin menyegerakan IMD, sang bayi pun enggan untuk menyusu. Pasti ada sedikit kekhawatiran ya Ladies.

Menyusui bukan sekedar menempelkan puting Ladies pada mulut bayi dan membiarkannya menghisapnya sampai ia bosan. Tapi bagaimana Ladies memberinya ASI secara benar.

Banyak hal yang mempengaruhi bayi untuk tidak ingin menyusu setelah proses melahirkan selesai. Salah satunya adalah faktor obat pereda nyeri saat melahirkan. Hal ini bisa saja membuat si buah hati merasa malas atau mengantuk dan tidak ingin menyusu.

Seperti yang di lansir dari laman llli.org, Ladies bisa menyasatinya dengan cara skin-to-skin contact, yaitu menaruh bayi di dada Ladies dan pastikan tidak ada pembatas antara Ladies dan sang buah hati.

Biarkan sang buah hati merasakan hangat tubuh Ladies, mengenali aroma Ladies, dan biarkan sang buah hati mencari puting Ladies. Ini akan membuat bayi mencari sendiri sumber makanannya dan kemudian menghisapnya perlahan-lahan.

Atau, untuk mengenalkannya untuk menghisap, usap-usapkan jempol jari Ladies pada mulut sang buah hati, tapi pastikan tangan Ladies bersih ya, karena jika tidak ini juga dapat menyumbang kuman pada bayi Ladies.

Nah, satu lagi, jika Ladies takut sang buah hati kedinginan, biarkan sang buah hati bersembunyi di balik selimut Ladies. Dan ajak suami Ladies untuk menunggu sang buah hati dan Ladies ya, sehingga Ladies tak perlu khawatir jika Ladies dan sang buah hati tertidur.

Oleh: Susvia Cahyaning

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading