Sukses

Parenting

IMD Pasca Operasi Sesar? Bunda Juga Bisa Melakukannya Lho

Setiap wanita pasti mendambakan proses melahirkan secara normal. Tapi jika Bunda tidak bisa melahirkan secara normal dan harus melakukannya melalui operasi sesar, jangan berkecil hati. Operasi sesar tidak akan mengganggu Bunda untuk melakukan IMD lho.

Buang jauh- jauh pikiran Bunda jika dengan proses persalinan sesar Bunda merasa gagal menjadi wanita yang sempurna. Tidak sama sekali, Bunda tak kalah hebatnya dengan wanita yang melahirkan melalui proses normal. Bunda juga menghadapi meja operasi yang tidak kalah mendebarkannya bukan?

Seperti yang dilansir dari laman breastfeedingbasics.com, inisiasi menyusui dini mungkin bisa tertunda jika Bunda melakukan proses persalinan sesar, hal ini dikarenakan Bunda membutuhkan waktu untuk beristirahat pasca operasi untuk menghilangkan bius yang disuntukkan sebelum operasi.

Namun, ini bukanlah alasan untuk tidak melakukan IMD lho Bunda. Sebelum operasi, Bunda bisa meminta epidural anestesi pada dokter, agar setelah operasi Bunda masih dalam keadaaan sadar dan siap memberikan IMD pada sang buah hati.

Bahkan, ini juga bisa menjadi point plus tersendiri lho untuk Bunda, karena satu jam setelah operasi pasti efek dari epidural anestesi ini masih bekerja, sehingga ini dapat mengurangi rasa sakit Bunda saat menyusui sang buah hati.

Jadi, buat Bunda yang melakukan proses persalinan sesar, jangan pernah takut dan menunda untuk melakukan IMD ya, karena banyak keuntungan yang Bunda dapat setelah operasi, yaitu menggendong dan menyusui tanpa khawatir merasa sakit.

Oleh: Susvia Cahyaning

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading