Sukses

Parenting

Peran Seorang Ayah Saat IMD

Ladies, mungkin masih banyak yang bingung ya apa hubungannya ayah dengan IMD? Apa seorang ayah bisa menyusui? Jawabnya tidak. Tapi ayah juga berperan penting lho.

Kehadiran ayah saat proses persalinan sangatlah penting, selain membantu dan memotivasi sang istri. Seorang ayah ternyata bisa menggantikan peran ibu lho.

Menyusui memang hal yang sangat natural untuk Ladies, tapi jika ini hal yang baru untuk Ladies, tentunya Ladies juga membutuhkan waktu untuk menyesuaikannya.

Setelah proses kelahiran selesai, Ladies memang dianjurkan untuk memberikan IMD pada sang buah hati. Ini memang benar, namun yang harus dicatat adalah jika Ladies sudah siap, tidak mengalami pendarahan, dan tidak sakit.

Namun bagaimana jika sebaliknya? Nah, disinilah peran ayah sangat dibutuhkan. IMD bukan hanya menekankan proses menyusui saja, namun juga kontak kulit antara bayi dan orang tua.

Sesaat setelah proses melahirkan, jika ibu masih merasakan sakit, sang buah hati boleh ditempelkan atau kontak kulit dengan sang ayah, suhu tubuh sang ayah juga dapat menghangatkan si buah hati. Nah, baru setelah Ladies dibersihkan dan belum lebih dari satu jam, segeralah untuk memberikan ASI pertama untuk buah hati ya.

Selain itu, seperti yang dilansir dari laman nct.org.uk, ayah juga bisa membantu proses menyusui dengan cara menyemangati Ladies, memperhatikan makanan yang Ladies konsumsi agar memperlancar produksi ASI, dan meringankan tugas Ladies dengan cara membantu mengerjakan pekerjaan rumah.

Wah, senang ya Ladies, jika suami juga ikut terlibat dalam merawat sang buah hati, bagi ilmu ini kepada suami Ladies ya. Semoga bermanfaat.

Oleh: Susvia Cahyaning

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading