Sukses

Parenting

15 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Ibu Menyusui

Agar sang buah hati bisa mendapat manfaat maksimal dari ASI, seorang ibu harus benar-benar memperhatikan asupan makanan atau minuman yang dikonsumsi. Apakah Anda tahu jenis makanan apa saja yang sebaiknya dihindari ketika menyusui bayi Anda. Berikut ini daftar 15 jenis makanan, seperti yang dilansir dari boldsky.com, yang sebaiknya tidak dikonsumsi ketika menyusui bayi.

1. Buah Jeruk
Ibu yang menyusui sebaiknya menghindari segala jenis buah jeruk. Kenapa? Karena kandungan yang ada di dalam buah jeruk bisa membuat buah hati Anda merasa tidak nyaman dan bayi Anda bisa lebih sering buang air kecil. Untuk memenuhi asupan vitamin C, Anda bisa makan buah pepaya atau mangga.

2. Buah Bit
Sebaiknya ibu menyusui tidak makan makanan yang mengandung gas seperti buah bit dan paprika karena bisa membuat perut sang buah hati sakit.

3. Minuman Berkafein
Jika Anda minum kopi dan menyusui bayi Anda, bisa jadi bayi Anda akan mudah rewel dan susah tidur.

4. Makanan Pedas
Memang sebaiknya hindari makanan pedas ketika Anda masih menyusui bayi Anda. Jika Anda makan makanan pedas dan menyusui bayi Anda, bayi Anda akan lebih rewel.

5. Minuman Beralkohol
Ibu menyusui yang minum alkohol bisa membuat bayi tidak mendapatkan berat badan yang proporsional.

6. Makanan Pemicu Alergi
Jika Anda memiliki alergi terhadap makanan tertentu, usahakan untuk benar-benar menghindari makanan tersebut ketika Anda masih menyusui bayi Anda.

7. Bawang Putih
Jika Anda mengonsumsi bawang putih berlebihan, air susu Anda akan memiliki campuran rasa bawang putih. Akibatnya bayi Anda mungkin tidak mau meminum air susu dari Anda karena rasanya yang sedikit aneh.

8. Makanan Cepat Saji
Makanan jenis ini mengandung kalori yang tak sehat.

9. Jenis Ikan Tertentu
Ikan seperti tuna kalengan dan jenis ikan lain yang kandungan merkurinya tinggi sebaiknya dihindari. Karena ikan yang kandungan merkurinya tinggi bisa mengganggu perkembangan otak dan sistem syaraf bayi.

10. Brokoli
Brokoli adalah jenis sayuran yang mengandung banyak gas dan bisa membuat bayi Anda lebih sering buang gas.

11.  Gandum
Jika Anda makan sandwich sebelum menyusui, bayi Anda bisa sangat rewel dan menyebabkan rasa tidak nyaman di perut bayi Anda.

12. Produk Susu
Hati-hati dalam memilih produk susu dan produk turunannya untuk dikonsumsi. Keju dan es krim mungkin bisa menyebabkan alergi. Selain itu, beberapa bayi juga biasanya intoleran terhadap susu sapi formula.

13. Jagung
Jika Anda makan jagung sebelum menyusui bayi Anda, bayi Anda bisa merasa tidak nyaman ketika menyusu dan bisa tiba-tiba kehilangan hasrat untuk buang air kecil.

14. Pepermint
Mengonsumsi jenis makanan atau minuman yang mengandung peppermint akan mempengaruhi air susu Anda. Bayi Anda bisa lebih sering menangis jika Anda mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung peppermint. Selain itu, peppermint juga bisa mengganggu produksi susu dan menghambat suplai susu.

15. Cokelat
Sepotong coklat bisa memiliki kandungan kafein yang sama dengan minuman kopi atau soda.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading