Sukses

Parenting

Hamil Di Luar Nikah dan Penyebabnya

Hamil di luar nikah sangatlah erat kaitannya dengan faktor lingkungan di sekitarnya. Banyak yang hamil dikarenakan ingin coba-coba, mengikuti “trend” atau bahkan sebagai bentuk pelarian.

Menurut laman ipedr.com, banyak penelitian menyatakan bahwa hamil di luar nikah juga disebabkan oleh tidak adanya pencegahan dengan berbagai alasan.

Pertama, kurangnya pengetahuan tentang penggunaan alat pengaman yang aman dan efisien. Terlepas dari faktor religi dan sosial, hamil di luar nikah juga disebabkan oleh ketidaktahuan tentang penggunaan alat pengaman.

Hal ini terjadi karena sosialisasi alat pengaman yang sering di pro-kontrakan oleh masyarakat. Bahkan, pada kenyataanya remaja sendiri sengaja untuk tidak menggunakan alat pengaman agar mendapatkan kepuasan ketika berhubungan seksual.

Kedua, pembuktian diri “gaul” dan “cool”. Seiring berkembangnya zaman, budaya Timur pun mulai terkikis oleh budaya Barat. Remaja pun mulai memakai tolak ukur budaya Barat dalam kehidupan sehari-hari. Mereka tidak akan dikatakan gaul sebelum mencoba “free sex”.

Ketiga, kurangnya kedewasaan mental, emosional, dan pendidikan. Remaja yang terjebak dalam hubungan terlarang biasanya merupakan remaja yang di dalam kehidupannya tidak terarah, semaunya sendiri, dan mempunyai nilai akademis yang rendah. Yang jelas, mereka belum bisa menentukan masa depan untuk diri mereka sendiri.

Yang terakhir, merasa selalu beruntung. Mungkin sekali dua kali mereka melakukan hubungan seksual, mereka masih dalam zona aman. Dikarenakan merasa beruntung tidak mengalami kehamilan, mereka pun mulai terbiasa dan akhirnya sering melakukan hal tersebut.

Oleh: Raisa Fadilla

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading