Sukses

Parenting

Infeksi Payudara: Tantangan Selama Masa Menyusui

Mastitis atau infeksi payudara merupakan radan sakit atau gumpalan kecil pada payudara yang diikuti oleh demam atau mirip gejala flu, misalnya seperti badan terasa sakit di mana-mana. Beberapa wanita menyusui yang menderita infeksi payudara juga merasa mual dan muntah. Mereka juga mungkin mengeluarkan cairan berwarna kekuning-kuningan yang terlihat mirip dengan colostrum dari payudara mereka. Kemungkinan lainnya adalah payudara terasa hangat atau bahkan panas ketika disentuh dan terlihat berwarna pink atau merah.

Menurut www.womenshealth.gov menuliskan bahwa infeksi payudara dapat terjadi ketika anggota keluarga yang lain menderita flu atau pilek. Infeksi biasanya hanya terjadi pada salah satu payudara. Tidak selalu mudah unruk membedakan antara infeksi payudara dari penyumbatan saluran ASI karena kedua masalah tersebut memiliki gejala yang mirip dan dapat membaik dalam kurun waktu 24-48 jam. Sebagian besar infeksi payudara yang tidak membaik dalam kurun waktu tersebut memerlukan bantuan perawatan yang berupa obat-obatan yang diberikan oleh dokter.

Segera hubungi dokter jika Anda melihat kedua payudara Anda terinfeksi dan jika terdapat darah pada ASI Anda. Selain itu, gejala infeksi yang semakin memburuk dan munculnya garis merah pada payudara Anda meupakan alasan yang kuat bagi Anda untuk menemui dokter Anda. Bahkan ketika Anda mengkonsumsi obat untuk infeksi, lanjutkan pemberian ASI pada bayi Anda karena hal tersebut merupakan cara yang terbaik bagi Anda dan si buah hati.

Penulis: Ratih Kristianasari


(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading