Cara Mengatasi Luka pada Puting Susu Saat Menyusui

Rabu, 24 Juli 2013 19:26

(c)shutterstock

Vemale.com - Menyusui adalah salah satu momen paling membahagiakan dalam hidup seorang ibu. Hal ini disebabkan para ibu yang menyusui bayi mereka dengan ASI dapat memberikan nutrisi yang paling baik untuk bayi yang telah dikandung dan dilahirkannya.

Namun, seringkali muncul beberapa permasalahan dalam menyusui. Permasalahan-permasalahan ini dapat menyebabkan para ibu kurang nyaman menyusui bayinya. Jika para ibu merasa tidak nyaman dalam proses menyusui, hal ini juga dapat mengakibatkan ketidaknyamanan juga pada diri bayi tersebut.

Salah satu permasalahan yang sering muncul adalah adalah timbulnya luka pada puting susu anda pada saat menyusui. Luka ini dapat menyebabkan proses menyusui menjadi menyakitkan. Jika diteruskan, hal ini tentu tidak akan berakibat baik. Oleh karena itu, nhs.uk mempunyai beberapa solusi untuk dapat mengobati luka pada puting susu anda tersebut.

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi dan menyembuhkan luka di puting susu tersebut. Cara-cara tersebut adalah dengan menggunakan air susu untuk digosokkan pada puting susu anda, membiarkan puting susu anda mongering sebelum mulai menyusui lagi, menghindari penggunaan sabun pada daerah payudara anda, menggunakan bra yang terbuat dari katun, dan menggunakan paraffin untuk mengobati luka yang muncul.

Setelah cara-cara ini dilakukan, anda akan dapat merasa bahwa sakit dan luka di payudara anda sedikit demi sedikit menghilang. Setelah lukanya sembuh, anda dapat menyusui bayi anda dengan nyaman lagi.

Oleh    : Meilia Hardianti

   

(vem/sfg)







ARTIKEL TERKAIT - MENYUSUI
  • Cara Tepat Untuk mengatasi Gigitan Bayi Saat Menyusui

    Minggu, 14 Juli 2013 12:33
    Setiap bayi pasti akan senang bermain bukan? 

  • Mengenal Lebih Dekat: Mastitis

    Minggu, 14 Juli 2013 22:54
    Menyusui merupakan saat-saat yang paling menyenangkan bagi setiap wanita di seluruh dunia. 

  • Gejala-gejala Mastitis

    Minggu, 14 Juli 2013 23:14
    Ladies, meskipun menyusui sangatlah membuat anda bahagia karena dapat selalu memeluk buah hati tercinta, anda juga harus waspada terhadap gangguan yang dapat terjadi pada payudara anda. 

  • Infeksi Ragi Pada Ibu Menyusui

    Senin, 15 Juli 2013 11:37
    Infeksi ragi, atau biasa disebut candidiasis atau sejenis sariawan adalah penyakit yang muncul pada puting atau payudara Anda yang tumbuh kerena ASI Anda.

  • Rasa Sakit Saat Awal Menyusui

    Senin, 15 Juli 2013 13:03
    Ketika pada masa-masa awal menyusui terutama pada 2 hingga 5 hari paska melahirkan, sangat normal jika payudara terasa penuh.

  • Tips Menyusui Bayi yang Sudah Mulai Tumbuh Gigi

    Selasa, 16 Juli 2013 00:50
    Gigi bayi mulai tumbuh, yang disertai dengan rasa tidak nyaman pada gusi yang membuat bayi sering meneteskan air liur dan menggigit serta memasukkan benda-benda ke mulutnya.

  • Mencegah Munculnya Infeksi Ragi Pada Payudara Selama Menyusui

    Senin, 15 Juli 2013 12:15
    Salah satu penyebab munculnya infeksi ragi atau sejenis sariawan pada payudara dan puting adalah infeksi itu sendiri yang ditularkan oleh bayi Anda ketika dia menyusu.

  • Infeksi Jamur: Seberapa Bahaya?

    Senin, 22 Juli 2013 14:48
    Saat payudara Anda terutama puting terserang jamur, hal ini disebabkan oleh meningkatnya perkembangbiakan orgamisme Candida.

  • Puting Pecah-Pecah

    Senin, 22 Juli 2013 19:13
    Halo ladies, apakah anda tahu apa yang harus anda lakukan jika anda memiliki puting pecah-pecah? 

  • Menangani Pembengkakan Pada Payudara

    Senin, 15 Juli 2013 12:18
    Tentunya akan sangat menyiksa jika harus merasakan pembengkakan payudara paska melahirkan.

 1  2  Next 

© 2003-2014 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.