Sukses

Parenting

Apakah ASI Saya Memenuhi Kebutuhan Bayi?

Ladies, ada banyak kecemasan dalam menyusui, salah satunya adalah kecemasan mengenai apakah ASI kita mampu memenuhi kebutuhan bayi kita?

Menurut breastfeeding-problems.com, pertanyana itu ternyata banyak muncul pada pikiran ibu hamil. Sayangnya, mereka hanya sekedar mengkhawatirkan saja, dan tidak melakukan apa-apa untuk memperbaiki kualitas dan kuantitas ASI.

Salah satu cara untuk mengetahui apakah ASI Anda mampu untuk memenuhi kebutuhan bayi Anda adalah dengan melihat grafik pertumbuhan bayi Anda. Bayi yang mengalami kenaikan berat badan adalah bayi yang tercukupi nutrisinya.

Kemudian, Anda juga bisa mengetahui dengan memperhatikan bayi Anda yang sedang menyusu. Apabila dia menyedot dan menelan, berarti bayi Anda sedang menikmati ASI Anda.

Anda juga bisa merasakan sendiri apakah ASI Anda telah mencukupi kebutuhan bayi Anda. Apabila Anda merasakan puting Anda tertarik dan terlepas, maka bisa dipastikan bayi Anda sedang menyusu. Dengan kata lain, Anda masih memiliki banyak ASI untuk si kecil.

Setelah itu, perhatikan ukuran payudara Anda. Apabila ukurannya cenderung mengecil dan menjadi kenyal, maka sebagian besar isi payudara Anda telah diminum oleh si kecil.

Cara lain adalah dengan mengetahi apakah bayi Anda buang air besar. Pasalnya, ketika dalam kandungan bayi Anda juga menelan lanugo (bulu halus di sepanjang tubuh). Lanugo itu hanya bisa keluar dari tubuh bila bayi Anda banyak minum ASI.

Nah, bagaimana, Ladies? Apakah ASI Anda mampu mencukupi kebutuhan bayi Anda?

Oleh: Nastiti Prima


(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading