Sukses

Parenting

Puting Pecah-Pecah

Halo ladies, apakah anda tahu apa yang harus anda lakukan jika anda memiliki puting pecah-pecah? Apakah anda tahu apa sebenarnya masalah yang terjadi pada puting anda sehingga dapat retak-retak?

Seperti disebutkan pada situs breastfeeding.asn.au, puting pecah-pecah bukanlah masalah yang terus bertahan untuk waktu yang lama. Dan jika anda memiliki puting pecah-pecah maka dituliskan pada situs yang sama, berikut ini adalah hal-hal yang dapat anda lakukan:

1. Temukan sebab dari mengapa puting anda bisa pecah-pecah.
Apakah akibat dari memposisikan bayi yang tidak pas, atau karena saat bayi memasukkan ke mulutnya tidak nyaman. Selain itu puting pecah pecah juga dapat disebabkan oleh masalah medis seperti infeksi atau anda terkena dermatitis pada puting anda. Namun jika kedua hal tersebut bukan alasan mengapa anda memiliki puting yang pecah pecah, maka mungkin masalahnya terdapat pada faktor eksternal seperti lidah si kecil atau penggunaan pompa susu yang tidak benar.

2. Cobalah istirahatkan puting anda.
Jika puting anda mulai pecah pecah, anda sebaiknya mengistirahatkan puting anda agar dapat sembuh dahulu sebelum memulai menyusui lagi. Durasi pengistirahatan puting anda bisa sekitar 12 hingga 24 jam sejak anda merasakan puting mulai pecah pecah.

Jadi ladies, jika anda memiliki puting pecah pecah janganlah anda merasa gelisah, usahakan anda tetap tenang dan cobalah mengerti apa sebab puting anda bisa pecah pecah dan yang pasti istirahatkan puting anda agar pulih sebelum memulai aktivitas menyusui lagi.

Oleh: Yudha Yanuar Akbar

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading