Sukses

Parenting

Perlukah Membangunkan Bayi Yang Sedang Tidur Untuk Menyusui

Menyusui untuk yang pertama kali seringkali menghasilkan sejumlah pertanyaan untuk para ibu. Salah satu hal yang paling sering menjadi pertanyaa adalah perlukah membangunkan buah hati yang sedang tidur untuk menyusuinya.


Seringkali bayi yang baru lahir banyak menghabiskan waktunya tidur dan seringkali tampak lemah dan mengantuk. Lalu, perlukah membangunkan bayi dalam keadaan ini untuk menyusuinya? Tidak perlu sampai seperti itu, Ladies. Setiap bayi itu unik dan memiliki siklusnya sendiri. Bila memang buah hati anda tidak terlihat bersemanga setelah beberapa lama, barulah mungkin anda perlu meminta bantuan kepada suster atau dokter yang membantu kelahiran anda.


Pada hari pertamanya, sangat wajar untuk seorang bayi tidur dalam waktu yang lama, bahkan bisa hingga sampai 24 jam. Barulah setelah itu, tugas anda untuk menyusui dimulai. Perhitungkan berapa banyak berat badan buah hati anda yang hilang dan pastikan menyusuinya hingga berat badannya kembali naik, Ladies, karena itu adalah tanda bahwa buah hati anda mulai menerima air susu yang anda berikan.


Menurut webmd.com, seringkali buah hati anda juga akan tertidur lama setelah disusui. Hal ini karena pada saat tidur itulah buah hati anda mencerna air susu yang anda berikan. Bila memang buah hati anda belum bangun atau menangis karena lapar, berarti dia masih dalam proses mencerna makanan yang sebelumnya, Ladies.

Oleh: Mamor Adi P.

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading