Sukses

Parenting

Memompa dan Mengeluarkan ASI, Apa Syaratnya?

Kenapa Anda perlu mengeluarkan ASI? Sebenarnya, ini tidak perlu dilakukan kalau Anda setiap hari menyusui dengan normal. Maksudnya tidak normal adalah ketika memang ASI tidak disusu oleh bayi dan membuat payudara penuh dan berat.

Kalau sudah seperti ini, Anda terpaksa harus memompa ASI keluar agar tidak menyiksa diri Anda. Selain itu, dengan memompa ASI ini, ternyata juga bisa memperbaharui produksi ASI di dalam payudara. Terutama jika si Buah hati sudah siap disusu lagi, maka ASI yang baru sudah siap untuknya.

Nah, sekarang Anda harus banyak memperhatikan hal-hal berikut untuk menjaga kehigienisan saat memompa ASI. Biar semua aman tidak ada bakteri dan kotoran yang mencemari saja maksudnya. Mari sekarang kita lihat apa saja yang harus dilakukan.

Womenshealth.gov menyampaikan agar menjaga selalu kebersihan tangan dan kebersihan tempat Anda melakukan pemompaan ASI. Jelaslah pasti, untuk menjaga sterilnya ASI dari pencemaran, hal ini sangat dianjurkan.

Untuk payudara dan puting, sudah tidak perlu dibersihkan. Cukup tangan dan peralatan yang Anda perlukan saja. Cuci semuanya dengan sabun dan air. Lalu jangan lupa untuk membilas semuanya sampai bersih, agar tidak ada sisa sabun yang tertinggal.

Yap, sekarang Anda sudah boleh melakukan pemompaan. Ketika semua sudah bersih, tangan dan peralatan sudah siap, Anda baru boleh melakukannya. Selamat mempraktekkannya, semoga bermanfaat.

Oleh: Nurrohman Sidiq

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading