Sukses

Parenting

Gejala-gejala Mastitis

Ladies, meskipun menyusui sangatlah membuat anda bahagia karena dapat selalu memeluk buah hati tercinta, anda juga harus waspada terhadap gangguan yang dapat terjadi pada payudara anda. Salah satunya adalah mastitis atau peradangan pada kelenjar payudara dengan gejala-gejala seperti berikut yang dihimpun dari breastfeeding-magazine.com.

  • Flu disertai demam dan kelelahan tiba-tiba merupakan gejala mastitis yang biasa muncul. Selain itu, anda juga akan merasa kedinginan dan nyeri pada otot-otot.
  • Salah satu payudara anda akan terasa panas saat disentuh bahkan anda akan sulit untuk melihat titik infeksi. Area yang terinfeksi juga akan berubah menjadi kemerahan, bengkak, perih, dan nyeri.
  • Pada beberapa kasus, anda akan puting payudara anda akan mengeluarkan nanah hingga yang paling parah adalah pendarahan pada puting payudara anda.
  • Karena anda merasa sangat kelelahan, anda akan meninggalkan saat menyusui si kecil. Bahkan anda juga akan merasa stres yang menyebabkan interval anda menyusui menjadi lebih lama.
  • Terkadang anda juga akan mengalami panas tinggi hingga lebih dari 38 derajat celcius yang membuat anda anda mengalami kedinginan dan menggigil cukup parah.

Ladies, jika anda mengalami gejala-gejala mastitis tersebut, sebaiknya segerakan untuk memeriksakannya pada dokter agar peradangan ini dapat segera disembuhkan. Sebab jika anda terlambat membawa ke dokter, maka peradangan akan semakin memburuk dan menyakitkan hingga dibutuhkan tindakan operasi.

Oleh: Lies Nureni

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading