Sukses

Parenting

Hingga Umur Berapakah Seorang Bayi Tetap Sehat Hanya dengan Asupan ASI?

Telah banyak disarankan bahwa bayi yang baru lahir sebaiknya segera disusui ASI dalam kurun waktu 1 jam setelah kelahirannya. Saran tersebut guna memastikan bahwa bayi yang baru lahir memperoleh colostrum yang sangat bermanfaat untuk melindungi bayi dari berbagai infeksi dan penyakit,

Baru yang baru lahir itu kemudian harus diberi ASI eksklusif selama 6 bulan tanpa tambahan asupan lainnya guna mencapai perkembangan yang optimal, baik pertumbuhan dan kesehatannya. Menurut www.who.int, pemberian ASI eksklusif berarti hanya memberi asupan berupa ASI dan tidak memberikan makanan atau minuman lain, termasuk air.

Akan tetapi, pemberian ASI eksklusif memungkinkan bagi ibu menyusui untuk memberikan oralit , vitamin, mineral, dan obat-obatan. ASI merupakan makanan ideal untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Menyusui juga merupakan bagian dari proses reproduksi yang memberikan implikasi bagi kesehatan ibu.

WHO menyarankan bahwa bayi yang baru lahir sebaiknya memperoleh makanan tambahan ketikan mereka memasuki usia 6 bulan atau seekitar 180 hari sebagai tambahan dari ASI. Makanan tambahan tersebut sebaiknya dalam jumlah yang cukup. Berarti, bayi yang berumur 6 bulan sebaiknya memperoleh energi, vitamin, dan micronutrient yang cukup guna memenuhi syarat pertumbahan mereka.

Makan untuk mereka sebaiknya disiapkan dan biberikan secara aman untuk menghindari resiko terkontaminasi. Memberi makan bayi memerlukan ekstra perlakuan dan tambahan rangsangan untuk mendorong si anak untuk makan.

Oleh: Ratih Kristianasari

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading