Sukses

Parenting

Menyusui Dua bayi dengan Umur yang Hampir Sama

Pernahkan terpikir oleh Anda, kemungkinan akan tiba saatnya bagi Anda untuk menyusui dua bayi yang memiliki umur hampir sama? Jika Anda bertanya-tanya bagaimana hal tersebut mungkin terjadi, jawabannya sangat sederhana. Ketika Anda masih dalam masa menyusui, dalam rahim Anda telah tumbuh janin baru. Ketika kemungkinan tersebut terjadi, yang perlu Anda tahu adalah menyusui ketika memasuki masa kehamilan berikutnya tidak akan membahayakan bayi dan janin Anda.

Jika selama masa kehamilan Anda mengalami beberapa masalah kesehatan yang berkaitan dengan janin dan bayi Anda, womenshealth.gov menyarankan jangan pernah ragu untuk menghubungi dokter Anda. Seiring dengan membesarnya kandungan Anda, akan muncul kemungkinan bahwa Anda atau bahkan mungkin bayi Anda memutuskan untuk menghentikan masa menyusui.

Rasa sakit pada puting atau ketidaknyamanan karena membesarnya perut akan menjadi bahan pertimbangan Anda untuk menghentikan pemberian ASI. Bayi Anda pun kemungkinan juga akan berhenti menyusu ketika dia mulai merasakan adanya perbedaan pada ASI Anda dalam hal jumlah dan rasanya.

Jika Anda memutuskan untuk tetap memberikan ASI pada bayi Anda ketika Anda masih hamil, pastikan untuk memberikan tambahan makanan dan minuman pada si buah hati mengingat jumlah ASI Anda akan berkurang selama masa kehamilan Anda.

Setelah Anak kedua Anda lahir dan memutuskan untuk memberikan ASI pada kedua bayi Anda, susui anak kedua Anda terlebih dahulu agar bayi kedua Anda memperoleh colostrum yang mereka perlukan. Karena Anda menyusui dua bayi, pastikan Anda memperoleh lebih banyak cairan, makanan sehat, dan istirahat cukup.

Oleh: Ratih Kristianasari

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading