Sukses

Parenting

Menyusui Pertama Kali? Lakukan Hal Berikut Ini

Menyusui untuk yang pertama kali bisa jadi hal yang sulit karena seorang ibu muda biasanya masih belum memiliki ikatan atau pengetahuan yang dibutuhkan untuk melakukan tugasnya sebagai seorang ibu. Namun, ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk memastikan anda bisa menyusui dengan nyaman dan menjalin ikatan dengan buah hati anda meskipun anda menyusui untuk yang pertama kalinya.


Menurut phac-aspc.gc.ca, hal yang pertama yang ingin anda lakukan ketika menyusui selepas melahirkan atau menyusui untuk yang pertama kali, Ladies, adalah memeluk buah hati anda. Ketika buah hati anda berada dalam pelukan, tubuh anda akan mengeluarkan hormon yang disebut oxytocin yang akan membantu anda untuk merasa lebih nyaman dan bisa menyusui dengan lebih lancar.


Selain itu, ketika anda berpelukan dengan buah hati anda, buah hati anda juga akan terbiasa dengan anda dan akan lebih mudah untuk disusui. Ketika bayi sudah terbiasa dengan anda, reflek pertamanya adalah mencari sumber makanan yaitu payudara anda. Seringkali buah hati yang baru lahir akan merasa waspada dan takut untuk mencari tempat makanannya, namun bila anda sudah memeluknya, buah hati anda akan merasa nyaman dan anda tinggal menunjukkan di mana tempat air susu ibu berada. Setelah itu, buah hati anda sudah tahu harus melakukan hal apa dan anda tidak perlu merasa takut tidak bisa menyusuinya.

Oleh: Mamor Adi P

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading