Sukses

Parenting

Menyusui Selama Minggu Pertama

Moms baru mulai menunaikan tugas menyusui si kecil. Apa saja yang harus Anda ketahui?

Frekuensi Menyusui

Idealnya, menurut kellymom.com, Anda dapat menyusui minimal 10-12 kali per hari. Jangan menyusui dengan frekuensi terlalu banyak atau terlalu sedikit dari itu. Menyusui sangat penting untuk mengurangi engorgement dan untuk menstimulasi jumlah produksi ASI yang optimal.

Menyusuilah begitu ada tanda dia lapar, jangan menunggu hingga dia menangis. Berilah dia waktu yang cukup untuk melakukan kontak kulit di payudara Anda dan jangan batasi waktunya untuk menyusui. Kemudian, Anda dapat memindahnya untuk menyusu pada payudara sebelahnya. Wajar jika pada hari pertama bayi akan banyak tidur, tapi jika jarak antar menyusui terlalu lama, bangunkanlah si kecil.

ASI yang Cukup. Ada tiga tanda yang dapat Anda kenali:

  1. Kenaikan berat badan. Bayi umumnya akan kehilangan sekitar 7% berat tubuhnya di beberapa hari pertama. Saat asupan ASI sudah masuk, beratnya akan bertambah sekitar 170 gram per minggunya secara bertahap. Timbanglah bayi dan konsultasi di akhir minggu pertama ini.
  2. BAB. BAB pada hari pertama hanya akan sekitar 1 kali penggantian popok. Namun nanti akan meningkat secara bertahap. Warna BAB pada bayi ASI tidak akan sepekat dan sebau kotoran bayi susu formula.
  3. BAK. Di beberapa hari pertama, bayi hanya akan diganti popoknya sekitar 1-2 kali. Namun setelah bayi mulai menyusu dengan aktif, jumlah popok dapat menjadi kurang lebih 5-6 popok perhari.

Oleh: Zurriat Nyndia

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading