Tips Mengatasi Bayi yang Menolak untuk Menyusu

Minggu, 14 Juli 2013 12:48

(c) shutterstock

Vemale.com - Tahukah anda bahwa bayi yang menolak untuk menyusu tidak hanya dapat disebabkan karena ia sakit namun juga karena kondisi kesehatan anda sendiri? Berikut adalah tips untuk mengatasi bayi yang menolak untuk menyusu seperti dilansir oleh mayoclinic.com.

  1. Teruslah berusaha. Oleskan air susu anda pada puting payudara atau bibir bayi untuk membuatnya menyusu. Apabila bayi tetap rewel berhentilah  sejenak lalu ulangi kembali beberapa saat kemudian.
  2. Gantilah posisi menyusui anda. Cobalah posisi menyusui yang berbeda karena penolakan dari bayi dikarenakan ketidaknyamanan pada posisi menyusui sebelumnya. 
  3. Atasi adanya pengalih-perhatian. Menyusuilah bayi anda tanpa adanya pengalih-perhatian seperti di dalam ruangan yang tenang tanpa ada pengganggu.
  4. Peluklah bayi anda. Kontak dari kulit ke kulit dapat memperbaharui minat bayi untuk menyusu.
  5. Pahamilah tumbuhnya gigi bayi. Apabila gigi bayi anda sedang tumbuh, basuhlah gusinya dengan kain basah terlebih dahulu sebelum anda menyusuinya. Apabila bayi menggigit pada saat menyusu, pastikan anda tidak bereaksi terlalu keras. Mayoclinic.com menyarankan untuk memasukkan jari anda ke dalam mulut bayi untuk menghentikan gigitan bayi anda.
  6. Kenalilah kesehatan fisik dan mental anda. Salah satu alasan yang dapat menyebabkan bayi menolak untuk menyusu adalah karena anda yang sedang sakit atau stres. Akan lebih baik apabila anda peka terhadap kesehatan fisik dan mental anda sehingga penolakan bayi untuk menyusu dapat segera anda atasi.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/tyn)







ARTIKEL TERKAIT - MENYUSUI
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

© 2003-2014 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.