Sukses

Parenting

Cara Tepat Untuk mengatasi Gigitan Bayi Saat Menyusui

Setiap bayi pasti akan senang bermain bukan? Termasuk bermain dengan puting ibu saat ia sedang menyusu. Hal tersebut bukan menjadi masalah bagi si ibu saat si kecil belum memiliki gigi. Masalah akan muncul ketika gigi si kecil sudah mulai tumbuh nih Ladies.

Ketika gigi tumbuh, biasanya si kecil akan merasakan gatal pada gusi. Ini lah yang menyebabkan bayi yang sedang mengalami pertumbuhan gigi suka menggigit apapun yang ia lihat termasuk puting ibunya. Nah, kalau ia sudah mulai menggigiti puting Anda, itu akan terasa sakit loh.

Untuk mengatasi hal tersebut, berilah sesuatu yang keras dan dingin untuk mereka gigit sebelum Anda menyusui. Memang si bayi tetap akan bermain dengan puting Anda, tapi paling tidak akan mengurangi gigitannya.

Anda juga dapat memberitahu si kecil jika ia sudah mulai siap untuk menggigit. Perhatikan perilaku si kecil saat sedang menyusu. Apakah ia benar-benar ingin mengkonsumsinya ataukah hanya untuk mermain-main saja. Jika ia hanya bermain-main saja, lepaskan bayi dari payudara Anda sebelum si kecil akan menggigiti puting Anda.

Jika ia masih saja bermain-main, selipkan jari Anda dari pinggir bibir dan lepaskan gigitan si kecil. Usahakan untuk tetap tenang dan jangan bereaksi dengan mengeluarkan suara yang keras ya Ladies, karena ia akan kaget dan takut dengan Anda.

Menurut La Lache League International dalam kidshealth.org, gigitan bayi bisa dikarenakan beberapa faktor. Misalnya bayi sudah tidak ingin menyusu lagi, atau ia sudah merasa bosan nih Ladies. Jangan lupa untuk tetap memberikan ciuman dan pelukan sebelum Anda melepaskan gigitannya.

Well, happy kissing ya Ladies!

Oleh: Gilang Pratiwi

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading