Sukses

Parenting

Baru Punya Anak di Usia Tua? Ternyata Kamu Akan Jadi Ibu Terbaik

Wanita modern masa kini mungkin tidak langsung menikah setelah lulus kuliah. Banyak yang mengejar karir lebih dulu, sekolah lagi di luar negeri atau memulai usaha sehingga bisa mapan secara finansial sebelum memutuskan menikah dan punya anak.

Pada akhirnya, banyak wanita yang baru punya anak saat usia mereka sudah tua. Tapi kamu nggak perlu khawatir ladies, karena sebuah penelitian membuktikan, punya anak di usia tua ternyata menjadikanmu ibu yang paling baik lho. Penelitian dari Aarhus University di Denmark mengatakan bahwa hal ini erat hubungannya dengan kedewasan psikologis dari ibu.

Diterbitkan dalam jurnal European Journal of Developmental Psychology ini juga menyebutkan bahwa ibu berusia tua memiliki kemungkinan kecil menggunakan hukuman fisik dan verbal untuk mendisiplinkan anak. Mereka akan menggunakan cara yang bersifat "lebih cerdas".

Penelitian juga mengatakan bahwa anak-anak yang lahir dari ibu tua akan memiliki kehidupan sosial, kestabilan mental dan emosional yang lebih baik dibanding yang lahir dari ibu muda. Para peneliti melakukan analisis terhadap 4.741 ibu secara acak di Denmark untuk mengetahui hubungannya dengan anak.

Peneliti menemukan bahwa anak dari ibu tua menunjukkan kestabilan emosional yang lebih baik saat mengalami pubertas, bahkan tingkat kedewasaan mereka juga lebih baik. Meski risiko hamil dan memiliki anak di usia tua juga lebih besar, namun kebanyakan wanita yang matang secara pemikiran seiring bertambahnya usia juga akan lebih handal dalam mendidik anak.

Jadi, jangan patah semangat dan merasa telat dapat anak ya meski sudah menginjak usia 30-an tahun ladies, karena ternyata jadi ibu di usia tua akan membuatmu jadi ibu yang lebih baik untuk anak-anak.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading