Sukses

Parenting

ASI Mom Bercampur Dengan Darah: Amankah, Apa Penyebabnya?

Menyusui dan memberikan ASI (Air Susu Ibu) untuk buah hati merupakan aktivitas yang menyenangkan. Ini juga merupakan aktivitas wajib karena ASI adalah sumber nutrisi utama bagi bayi. Namun sayang, saat memberikan ASI kepada buah hati, ada beberapa kondisi yang membuat Mom maupun buah hati tidak nyaman serta khawatir. Seperti halnya ketika ASI tiba-tiba tidak mau keluar atau ASI bercampur dengan darah.

ASI Bercampur Darah, Amankah?
Mengenai ASI yang bercampur dengan darah, para ahli mengungkapkan bahwa ini masih aman dikonsumsi bayi. Dengan catatan, Mom tidak sedang menderita HIV, AIDS, hepatitis, infeksi, sepsis atau penyakit serius lainnya.

Umumnya, darah yang keluar bersama ASI merupakan darah yang terbawa saat ASI diproduksi dalam tubuh. Darah juga bisa muncul karena hal lain misal puting payudara sedang lecet karena gigitan buah hati atau karena puting mengalami ketidakcocokan dengan alat perah atau penyebab lainnya.

Penyebab ASI Bercampur Darah

    Pembengkakan Pembuluh Darah

    Dikutip dari laman boldsky.com, pembengkakan pada pembuluh darah bisa menyebabkan ASI bercampur darah. Kondisi pembengkakan sendiri terjadi karena aliran darah ke payudara meningkat akibat perkembangan jaringan di payudara. Biasanya, sindrom ini terjadi di awal kelahiran. Namun jangan khawatir, ini akan sembuh dengan sendiri seiring dengan berjalannya waktu.

    Adanya Risiko Tumor Jinak

    Perkembangan tumor jinak di dalam payudara yang disebut fibrokistik atau Pepilloma Intraductal di saluran ASI bisa menyebabkan munculnya darah bersama ASI. Umumnya, kondisi ini sering tidak disadari karena hanya terjadi pada satu sisi payudara saja. Darah yang keluar juga akan hilang sendirinya meski tanpa dilakukan pengobatan sekalipun.

    Pembuluh Kapiler Pecah

    Perlakuan yang terlalu kasar pada payudara bisa menyebabkan pembuluh kapiler atau pembuluh darah di dalamnya pecah. Umumnya, hal ini terjadi ketika payudara sudah penuh dengan ASI dan Mom memompanya pakai alat perah dengan sangat kasar, terburu-buru atau posisinya tidak tepat.


Mom, itulah beberapa penyebab kenapa ASI bisa bercampur dengan darah. Meski ASI bercampur darah dikatakan aman, Mom tetap harus mengonsultasikan kondisi ini dengan bidan atau dokter ahlinya. Apalagi, jika darah yang keluar bersama ASI terjadi secara terus menerus tanpa penyebab yang jelas.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading