Sukses

Parenting

Anak Yang Sering Tidur Larut Malam Bisa Kehilangan Kecerdasan

Mom apakah buah hati di rumah sangat susah tidur saat malam? Apa ia juga terbiasa tidur terlalu larut malam? Jika iya, pastikan untuk menasehati buah hati agar ia tidak terbiasa tidur terlalu larut malam. Karena apa? Dikutip dari laman asiantown.net, para ahli menemukan bahwa anak-anak yang terbiasa tidur terlalu larut malam secara perlahan akan kehilangan kecerdasannya. Ia bahkan akan berisiko menderita penyakit mematikan saat ia dewasa kelak.

Anak-anak yang terbiasa tidur terlalu larut malam secara tidak sadar akan mengalami masalah pada psikologisnya. Para ilmuwan telah mengungkapkan bahwa kurang tidur akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Yang lebih mengerikan dan menyedihkan, bahaya ini bahkan dua kali lipat lebih besar untuk anak-anak. Kurang tidur atau terbiasa tidur terlalu larut malam akan meningkatkan terjadi kerusakan pada otak. Tidur terlalu larut malam juga sangat mungkin membuat seseorang khususnya anak-anak mengalami penurunan kemampuan mengingat serta berpikir.

Para ahli mengungkapkan jika idealnya seseorang tidur selama 8 jam setiap harinya. Kurang dari waktu itu bisa saja sangat berbahaya buat kesehatan. Lebih dari itu juga sangat berbahaya. Sebuah studi yang dilakukan oleh para ahli di University Hospital of Zurich menemukan bahwa anak yang kekurangan waktu tidur atau terbiasa tidur larut malam akan sangat mudah kehilangan kecerdasannya. Anak-anak yang terbiasa tidur larut malam juga akan sangat mungkin mengalami masalah pada emosinya.

Salome Kurt, penulis jurnal yang dipublikasikan di Fronteirs in Human Neuroscience mengatakan, "Selama tidur, ada banyak hal yang terjadi di otak. Tidur akan membuat otak istirahat dan ini memungkinkan seseorang menyimpan memori dengan baik. Tidur juga merupakan proses pematangan otak. Jika seseorang tak memiliki tidur cukup, tentu hal ini akan mempengaruhi proses tersebut. Ini juga sangat mungkin membuat seseorang mengalami masalah pada otaknya. Bagi anak-anak, ia bisa sangat mudah kehilangan kemampuan berpikirnya atau kehilangan kecerdasannya."

Sementara itu, Prof Monique LeBourgeois dari University of Colorado Boulder dan Prof Sean Deoni dari Brown University mengatakan, "Anak-anak membutuhkan tidur cukup setiap harinya. Mereka sangat tidak dianjurkan tidur larut malam karena hal ini akan mempengaruhi jam biologisnya dan mempengaruhi kesehatan fisik maupun psikisnya. Sebisa mungkin, orang tua harus memastikan anak tidur tepat waktu setiap harinya."

Mengingat akan pentingnya tidur cukup dan bahaya dari tidur larut malam ini, sangat penting bagi setiap orang tua memperhatikan waktu tidur anak. Agar buah hati di rumah senantiasa cerdas dan sehat, tidur tepat waktu saja tidak cukup Mom. Ia juga sangat perlu mendapatkan asupan nutrisi dan gizi yang cukup serta terbebas dari berbagai masalah yang bisa membuatnya stres apalagi depresi. Semoga, informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading