Sukses

Parenting

Pijat Bayi Memakai Minyak Zaitun, Amankah Buat Bayi?

Sejak zaman dulu, pijat bayi merupakan suatu hal yang sangat populer. Hal ini mengingat bahwa bayi juga perlu mendapatkan pijat agar tubuhnya terasa semakin nyaman, otot-ototnya semakin lemas dan pertumbuhan serta perkembangannya semakin baik. Biasanya, saat memijat bayi, orang tua akan menggunakan minyak zaitun atau minyak alami lain saat proses pemijatan. Selain agar kulit bayi tetap halus dan lembut, penggunaan minyak zaitun ini juga bertujuan agar bayi merasa nyaman dan tidak sakit selama pemijatan.

Tapi, apakah benar memakai minyak zaitun saat memijat bayi aman buat kesehatan kulit bayi? Dikutip dari laman asiantown.net, menggunakan minyak zaitun saat pijat bayi justru sangat tidak disarankan. Para ahli di University of Manchester mengatakan bahwa minyak zaitun bisa saja membuat kulit bayi mengalami iritasi, sakit dan berisiko menyebabkan eksim atau masalah kulit lainnya.

Para ahli mengungkapkan bahwa minyak zaitun dan minyak alami bisa saja merusak pelindung alami pada kulit bayi. Ketika pelindung tersebut rusak, dikhawatirkan hal ini akan membuat kulit bayi menjadi mudah terserang berbagai masalah dan penyakit. Hal ini juga sangat dikhawatirkan akan membuat kulit bayi mengalami infeksi. Dr Alison Cooke dari Royal College of Midwives mengungkapkan bahwa, "Memang, minyak alami sebenarnya sangat baik buat kesehatan kulit. Tapi, saat ia diaplikasikan pada kulit bayi yang masih sangat sensitif, dikhawatirkan ini bisa membuat kulit bayi mudah mengalami iritasi dan infeksi."

Dr Alison menambahkan, "Banyak orang menggunakan minyak zaitun untuk melakukan pijat bayi. Tapi, kita tak pernah berpikir bagaimana dampaknya buat kesehatan kulit bayi di masa depan. Minyak yang terurai menjadi asam lemak secara berkala akan membuat struktur pelindung kulit rusak. Jika hal ini terjadi, ini sungguh sangat berbahaya dan bisa menyebabkan berbagai risiko masalah kulit."

Sementara itu, Dr Carol Bedwell menyarankan agar orang tua menggunakan air saja saat melakukan pijat bayi. Air dipercaya lebih baik dan lebih sehat di kulit jika dibandingkan dengan minyak zaitun atau sejenisnya. Untuk orang dewasa, minyak zaitun memang sangat baik dan memiliki banyak manfaat, tapi jika hal ini diberikan kepada anak-anak khususnya mereka yang masih bayi, ini justru bisa saja berubah menjadi berbahaya.

Meski begitu, Moms tak perlu terlalu khawatir. Para ahli akan terus melakukan penelitian lanjutan mengenai hal ini. Para ahli juga mengatakan jika penggunaan minyak zaitun tersebut tidak berlebihan dan masih dalam batas wajar, hal itu tidak terlalu berbahaya bagi kesehatan kulit bayi. Semoga, informasi ini bermanfaat dan kita semua semakin bijak dalam memberikan yang terbaik buat buah hati di rumah.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading